Bersama Wujudkan Sulbar Sehat, Indonesia Tangguh

  • Whatsapp
FOTO: IDRUS IPENK
MERAH PUTIH. Pasukan pengibar bendera menjalankan tugas dengan baik pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun lingkup Provinsi Sulbar, Selasa 17 Agustus 2021.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 76 tahun berlangsung sederhana di tengah pandemi. Masyarakat diharap kompak, memperkuat pencegahan demi mewujudkan Sulbar sehat.

Upacara dilaksanakan dengan sangat terbatas dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 ketat, di halaman gedung Merah Putih, kantor Sementara Gubernur, Selasa 17 Agustus.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bertindak sebagai inspektur upacara, Ketua DPRD Sulbar selaku pembaca naskah Undang-Undang, Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, Muh Muflhi B Fattah sebagai Pembaca Doa

Gubernur bersyukur peringatan tahun ini masih bisa dilaksanakan, meski harus dengan sejumlah penyesuaian.

Ia berpesan kepada masyarakat Sulbar agar momentum ini dijadikan sebagai momentum untuk bersatu menguatkan kebersamaan, guna mewujudkan Indonesia tangguh dan tumbuh.

“Keinginan kita kepada masyarakat mari kita tabah dan sabar untuk menghadapi covid. Kita ingin selalu tangguh dan dan tumbuh dengan baik di Indonesia,” ucap gubernur.

Selain itu, Ali Baal menjelaskan kesuksesan melaksanakan upacara tidak terlepas peran seluruh pihak, utamanya tim pasukan pengibar bendera merah putih.

“Kita bersyukur anak kita dari Paskibraka bisa sukses termasuk dari TNI dan Polri, kita berterima kasih kepada mereka,” jelasnya.

Tercatat 66 orang pasukan pengibar bendera yang merupakan perwakilan siswa dari seluruh kabupaten di Sulbar.

Kemarin, mereka berhasil melaksanakan tugas dengan baik di hadapan gubernur, Wakil Gubernur Enny Angraeni Anwar, Sekprov Muhammad Idris DP, Danrem 142, Kajati, Kapolda Kepala Djpb, Kepala BNN Sulbar, dan beberapa unsur Forkopimda lainnya.

Sekprov Sulbar menjelaskan bahwa meski digelar secara sederhana lantaran situasi pandemi, makna kemerdekaan tidak akan berkurang.

“Dimasa pandemi yang paling utama bagaimana mewujudkan Sulbar yang sehat bebas dari covid,” jelasnya.

Selain sehat menurutnya, bagaimana memaknai HUT tahun ini sesuai tema kemerdekaan yaitu Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh.

Dalam kesempatan ini, Idris juga mengurai rencananya untuk membangun tiga tugu pejuang di Sulbar.

“Kita sudah diskusikan kemarin dengan Kementerian Sosial. Tiga tugu ini nanti akan dipersiapkan satu tempat yang cocok dan bisa dikunjungi, dan itu sudah ada alternatif dan ini akan diajukan menjadi keputusan gubernur,” paparnya.

Tidak hanya itu, Pemprov juga akan memberikan penghargaan kepada pada veteran dan Paskibra di Sulbar.

“Pemberian penghargaan itu tidak besar intinya membangun tali kasih, dengan pemerintah dan para pejuang. Adik-adik kita di Paskibraka juga kan memberikan semangat bagi mereka,” tandasnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *