BI Dorong Digitalisasi Sistem Pembayaran

  • Whatsapp
BI Dorong Digitalisasi Sistem Pembayaran
Pedagang Pasar Sentral Mamuju melayani pembeli. (Foto: DOK Sulbar Express)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pengembangan ekosistem digital menjadi salah satu program strategis bagi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sulawesi Barat.

Berbagai kegiatan telah digagas untuk mencapai target ini, diantaranya adalah digitalisasi sistem pembayaran menggunakan metode QR Code (QRIS).

“Hal ini dilakukan untuk mewujudkan sistem pembayaran yang aman, efisien, lancar dan andal,” kata Kepala KPw BI Sulbar Hermanto di Mamuju, Jumat 20 Agustus 2021.

Hermanto menjelaskan tantangan program ini terletak pada kebiasaan masyarakat yang menggunakan transaksi tunai. Meski demikian ia optimis kedepan sistem digitalisasi pembayaran bisa berjalan maksimal.

“Butuh waktu memang, agar masyarakat terbiasa. Kalau sudah terbiasa, akan maksimal,” imbuhnya.

Menurut Hermanto, target digitalisasi sistem pembayaran menunjukkan hal positif di Sulbar. Itu bisa dilihat dari peningkatan merchant QRIS dari 2.638 pada akhir tahun 2019 menjadi 19.217 merchant per tanggal 16 April 2021. Meningkat signifikan sebesar 628,47 persen.

“Bahkan pertumbuhan merchant QRIS di Sulbar di atas pertumbuhan nasional dan juga tertinggi jika dibandingkan dengan wilayah lainya,” tandas Hermanto. (sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *