Ekonomi Sulbar Diprediksi Tumbuh Positif

  • Whatsapp
Ekonomi Sulbar Diprediksi Tumbuh Positif
Masyarakat Mamuju tampak beraktivitas di Pasar Regional Mamuju.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Laju perekonomian Sulbar tahun 2021 secara kumulatif diprediksi tumbuh positif. Kondisi ini lebih baik dari tahun 2020 yang mengalami kontraksi sebesar 2,42 persen (yoy).

Demikian dikatakan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sulawesi Barat, Hermanto saat mengelar kegiatan Sapa Media secara virtual, Jumat 20 Agustus 2021.

“Ada beberapa indikator yang menjadi bahan acuan dalam melihat prospek pertumbuhan ekonomi kita hingga pada angka positif. Salah satunya adalah kinerja perekonomian Sulbar pada triwulan pertama dan kedua yang menunjukkan optimisme,” kata Hermanto.

Lebih jauh Hermanto menjelaskan bahwa pertanian masih menjadi sektor andalan dalam mengerek pertumbuhan ekonomi tahun 2021. Kemudian disusul sektor perdagangan dan pemerintahan.

Untuk sektor pertanian, kendala dalam hal produksi diperkirakan dapat diimbangi dengan dukungan proyek infrastruktur seperti bendungan dan jalan serta harga komoditas yang kompetitif.

Sementara itu, pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) pembelian mobil akan meningkatkan penjualan yang berdampak pada kenaikan sektor perdagangan.

“Selain itu yang tidak kalah penting adalah proses vaksinasi dan pembangunan pasca gempa akan meningkatkan aktivitas perekonomian selama tahun 2021. Kemudian belanja dan stimulus pemerintah juga memberikan andil yang cukup besar,” tandas Hermanto. (sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *