Gerakan Pramuka Harus Tetap Eksis

  • Whatsapp
FOTO: IST
HARI PRAMUKA. Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi pada upacara Hari Pramuka ke 60 di Kantor Basarnas Sulbar, kecamatan Kalukku, Mamuju, Sabtu 14 Agustus 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Bupati Mamuju Sutinah Suhardi bertindak sebagai pemimpin upacara pada peringatan Hari Pramuka ke 60 tahun tahun 2021.

Upacara secara terbatas karena pandemi Covid-19, berlangsung di Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Sulawesi Barat, di kecamatan Kalukku, Mamuju.

Bacaan Lainnya

Sutinah yang juga ketua Majelis pembimbing cabang gerakan pramuka Mamuju, membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

“Pramuka kita tidak boleh menyerah dan berputus asa, justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah,” sebut Sutinah, Sabtu 14 Agustus.

Peringatan hari pramuka tahun ini mengangkat tema, Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional.

Bupati berharap melalui momen hari jadi ini, gerakan Pramuka tetap eksis walaupun terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Terlepas dari itu, apel terbatas Hari Pramuka Nasional ke-60 yang selalu diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

“Kali ini hanya diikuti secara terbatas oleh Anggota Basarnas dan juga beberapa anggota gerakan pramuka kwartir cabang Mamuju,” ucapnya.

Hadir pula Ketua DPRD Mamuju, Azwar Anshari Habsi yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang gerakan pramuka mamuju.

Azwar melantik Gugus Depan AVIGNAM Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mamuju.
Tujuaanya agar Basarnas dapat memberikan kontribusi untuk anggota pramuka, khususnya pengetahuan tentang kebencanaan.

“Gudep ini akan memberikan kontribusi kepada adik-adik pramuka untuk mengetahui ilmu tentang cara pencegahan pencarian dan pertolongan,” kata Aswar.

Dia pun mendorong Pramuka di Mamuju lebih aktif dalam pembangunan sumber daya manusia.

“Semoga dengan hari jadi Pramuka ke-60 tahun, gerakan pramuka di Mamuju lebih aktif lagi, khususnya di satuan karya seperti Saka Bhayangkara dan Saka Wirakartika itu harus tetap berperan aktif,” ucapnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Basarnas Mamuju, Saidar Rahmanjaya menyerahkan buku SAR Go to School kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Mamuju, Murniani.

Dokumen tersebut untuk menambah pengetahuan mengenai SAR utamanya pengetahuan mengenai pencarian dan pertolongan ketika terjadi bencana atau musibah.

“Buku itu berkaitan dengan materi SAR semua, teknik pertolongan di perairan, pertolongan di gunung hutan dan lain sebagainya,” ucapnya.

“Buku itu sudah masuk dalam kurikulum Insya Allah kita akan segera distribusi ke setiap sekolah bahkan nanti sampai ke perguruan tinggi juga,” sambung Saidar.

Murniani mengapresiasi langkah Kepala Basarnas Mamuju. Menurutnya sebagai terobosan terkait mitigasi bencana. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *