Kakanwil Kemenag Sulbar Harap KSMO ke Tingkat Nasional

  • Whatsapp
Kakanwil Kemenag Sulbar Harap KSMO ke Tingkat Nasional
Kakanwil Kemenag Sulbar Muflih BF didampingi Kabid Pendidikan Madrasah Misbahuddin, Kasubag Tata Usaha Kemenag Majene Darmawan dan Kepala Seksi Madrasah Kemenag Majene Muhammad Jufri.memantau Pelaksanaan Ujian KSMO di MAN 1 Majene, Sabtu 21 Agustus 2021.

MAJENE, SULBAREXPRESS.CO.ID – Dalam rangka meningkatkan motivasi kemampuan intelektual, emosional dan spiritual peserta didik berdasarkan nilai-nilai Islami, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO).

Kegiatan KSMO ini, serentak di seluruh Indonesia dimulai pada Sabtu 21 hingga 23 Agustus 2021 secara online di setiap Sekolah tingkat Madrasah jajaran Kemenag. “Melalui KSMO ini, diharapkan para siswa-siswi madrasah memiliki kemampuan yang lebih mendalam baik dibidang pengatahuan sains maupun konteks-konteks pelajaran yang dipadukan atau yang dikolaborasi dengan pendidikan nilai Islam. Selain itu, juga diharapkan siswa mampu bersaing sehingga menjadi siswa yang unggul dan siswa yang terbaik,” harap Darmawan Kasubag Tata Usaha Kemenag Majene, Sabtu 21 Agustus.

Dijelaskan, jadwal pelaksanaan KSMO di bagi 3, yakni Sabtu 21 Agustus untuk MA sebanyak 50 siswa dengan Mata Pelajaran (Mapel) yang terintegrasi, yaitu matematika 11 peserta, biologi 6 peserta, fisika 6 peserta, kimia 6 peserta, ekonomi 10 peserta dan geografi 11 peserta dengan pelaksanaan 3 sesi,” terangnya.

“Untuk jadwal Ahad 22 Agustus, yakni MTS (Madrasah Tsanawiyah) sebanyak 62 peserta, dengan Mapel matematika 21 peserta, IPA Terpadu 21 peserta dan IPS Terpadu 20 peserta, dengan pelaksanaan 3 sesi. Sementara jadwal Senin 23 Agustus untuk MI (Madrasah Ibtidaiyah) sebanyak 2 sesi dengan peserta 33 orang dengan Mapel matematika 16 peserta dan IPA 17 peserta,” jelasnya.

Darmawan yang mewakili Kepala Kantor Kemenag Majene dalam pemantauannya menuturkan, bahwa pelaksanaan KSMO di Madrasah Aliyah DDI Majene, MAN 1 Majene, Madrasah Aliyah DDI Baruga dan Madrasah Aliyah Al Muawanah Simullu, berjalan lancar dan sukses termasuk kelancaran jaringan internet.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Madrasah Kemenag Majene Muhammad Jufri Marsuki juga mengatakan, kegiatan KSMO 2021 dilaksanakan secara online. “Kami mengapresiasi kepada Kepala Madrasah yang mengikutkan siswanya pada kegiatan KSMO 2021. Alhamdulillah di tahun ini juga pendaftarnya lebih banyak di bandingkan tahun kemarin,” akunya.

Ia mengemukakan, melalui KSMO para pendamping peserta terus dapat memastikan jaringan internet agar pelaksanaan KSMO berjalan dengan lancar
untuk pelaksanaan KSMO tersebut jelas Mantan Kepala Seksi PAIS Kemenag Majene. “Kita berharap semoga peserta dapat menyelesaikan pekerjaannya dan hasilnya memuaskan sehingga dapat mengikuti KSMO tingkat Provinsi Sulbar yang akan digelar pada 18 sampai 20 September 2021, juga dapat mengikuti sampai ke tingkat Nasional seperti tahun kemarin,” harap mantan Kepala Seksi PAIS Kemenag Majene itu.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulbar Muflih saat memantau pelaksanaan KSMO di MAN 1 Majene mengatakan, pelaksanaan KSMO pada setiap madrasah yang diikuti sebanyak 145 peserta berjalan dengan lancar.

“Kita berharap kepada seluruh Kepala Madrasah dan seluruh yang terkait untuk mensupport anak-anak kita sehingga bisa bekerja menyelesaikan jawaban dengan bagus dan mohon tetap dikawal fasilitas seluruh kebutuhan yang ingin harus didapatkan siswa-siswi untuk mengikuti KSMO ke tingkat provinsi dan Nasional,” harapnya.(smd)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *