Pemerintah Pusat Diminta Perbanyak Distribusi Vaksin ke Sulteng

  • Whatsapp
Pemerintah Pusat Diminta Perbanyak Distribusi Vaksin ke Sulteng

PALU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura meminta pemerintah pusat memperbanyak distribusi valsin COVID-19 ke provinsi itu untuk percepatan penanganan pandemi COVID-19.

“Pemerintah pusat perlu memperbanyak distribusi vaksin ke Sulteng,” kata Gubernur H Rusdy Mastura di Palu, Sabtu 21 Agustus 2021.

Bacaan Lainnya

Permintaan itu disampaikan langsung oleh Gubernur Rusdy Mastura kepada pemerintah pusat dalam rapat koordinasi penanganan COVID-19 di luar Jawa-Bali, yang dipimpin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartato secara virtual, Sabtu.

Dalam rapat koordinasi itu, Rusdy Mastura menyampaikan kepada pemerintah pusat bahwa vaksinasi di wilayahnya sudah mencapai 17 persen.

Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan Kondisi BOR Sulawesi Tengah saat ini masih 66 persen dari 1.200 tempat tidur, dan tempat isolasi terpusat belum terisi maksimal karena pasien OTG enggan isolasi terpusat.

“Hanya orang yang memiliki gejala yang berat, yang mau dirawat di rumah sakit dan tempat isolasi terpadu,” katanya.

Gubernur juga menyampaikan bahwa cadangan oksigen di Sulawesi Tengah sangat mencukupi karena adanya dukungan oksigen dari PT IMIP, dan beberapa perusahaan lainnya seperti Poso Energi , Donggi Senoro LNG.

“Kita bersyukur banyak perusahaan yang memberikan dukungan bantuan, demikian juga banyak LSM atau organisasi sosial yang bergerak bersama pemerintah untuk percepatan penanganan COVID-19,” ujarnya.

Dalam hal pemberdayaan masyarakat, Gubernur menyampaikan bahwa telah melakukan penandatangan MoU bersama BRI untuk penyaluran kredit dengan bunga kecil dan persyaratan yang mudah.

“Juga mempercepat penyaluran PEN yang ada di Bank Sulteng , bantuan beras kepada masyarakat sebanyak 10.800 kepala keluarga sebanyak masing-masing menerima 10 kilo gram, juga akan melakukan kerjasama dengan Indofood untuk pemberdayaan petani di Kabupaten Sigi dan kerjasama dengan China untuk peningkatan produksi tanaman kedelai,” ungkapnya.

Gubernur pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Kesehatan atas bantuan yang diberikan berupa oksigen konsentrat , APD, masker dan lainnya untuk kepentingan perawatan pasien COVID.

“Saya akan terus mendorong bupati dan wali kota agar lebih serius untuk mempercepat pemutusan rantai penularan COVID di Sulawesi Tengah, terutama dalam pengetatan pembatasan mobilitas masyarakat,” ungkapnya. (ANT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *