Rp1,5 M untuk Armada Damkar

  • Whatsapp
IST
ARMADA pemadam kebakaran Pemkab Mamuju terparkir di area kantor sementara Damkar Mamuju.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pemkab Mamuju berencana menambah satu unit armada baru Pemadam Kebakaran (Damkar), senilai Rp 1,6 miliar.

Nantinya bakal menunjang personel Damkar Mamuju yang sering disorot karena fasilitas dan peralatan kurang memadai.

Bacaan Lainnya

Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi mengatakan, pihaknya memproyeksi anggaran tersebut dalam APBD Perubahan tahun ini.

“Tahun ini kita anggarkan untuk satu unit Rp 1,6 miliar. Mudah-mudahan tidak ada kendala saat pembahasan di DPRD Mamuju. Saya rasa teman-teman di legislatif sangat mensupport armada baru damkar,” kata Sutinah, Selasa 3 Agustus.

Sutinah mengaku, tak ingin setengah-setengah membeli armada untuk mengoptimalkan kinerja tim pemadam.

“Damkar ini salah satu elemen penting bagi kita. Dengan kondisi wilayah kita yang rawan bencana kebakaran, jadi harus masuk dalam prioritas kita,” ujarnya.

Bupati berharap, personel Damkar tetap semangat dalam menjalankan tugas mereka meski di tengah keterbatasan. Ia berjanji akan membenahi Damkar Mamuju secara bertahap.

Sekadar diketahui, armada damkar di Mamuju hanya ada empat unit. Tiga armada penyemprot dan satu unit armada tangki. Empat armada dianggap tak lagi mampu menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Mamuju.

Usia damkar juga terbilang sudah tua. Bahkan mobil tangki yang sampai saat ini beroperasi sudah ada sejak tahun 90-an.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Mamuju, Idham Khaliq Amiruddin mengatakan mobil yang direncanakan untuk dibeli nantinya adalah damkar dengan tipe double cabin.

“Kalau tipe yang kami usulkan itu jenis double cabin, memilki keamanan dan kenyamanan, berkapasitas 3000 liter dan dia berfoam, istilah berfoam itu berbusa,” tambah Idham. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *