Satgas COVID-19 Sulsel: Kasus kematian tertinggi di Kabupaten Pinrang

  • Whatsapp
Satgas COVID-19 Sulsel: Kasus kematian tertinggi di Kabupaten Pinrang
Foto: ANTARA Petugas bersiap menurunkan jenazah pasien COVID-19 dari mobil ambulans saat akan dimakamkan di pemakaman Macanda, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, gambar direkam belum lama ini.

MAKASSAR, SULBAREXPRESS.CO.ID – Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Sulawesi Selatan mencatat kasus kematian tertinggi akibat virus corona di provinsi itu yakni di Kabupaten Pinrang mencapai 4,93 persen pada 18 Agustus 2021.

Kabupaten Pinrang menjadi salah satu zona merah COVID-19, namun angka kesembuhan pasien COVID-19 di daerah ini sebanyak 82,1 persen. Tercatat sebanyak enam orang dinyatakan sembuh hari ini, Rabu.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel Husny Thamrin menyebutkan total pasien terkonfirmasi positif bertambah 493 orang, namun hal menggembirakan tampak pada kasus sembuh sebanyak 523 orang.

Hanya saja jumlah pasien sembuh itu lebih kecil dari persentase pasien sembuh tingkat nasional. Satgas Sulsel mencatat angka sembuh dari COVID-19 di angka 87,07 persen atau 86.108 orang, sedangkan kasus sembuh secara nasional yakni 88,1 persen.

“Kita akan terus mengupayakan untuk pencegahan lewat taat protokol kesehatan, sementara yang terkonfirmasi positif tanpa gejala telah disiapkan tiga tempat isolasi di Sulsel, yakni Kapal Apung KM Umnisi, BBLK Antang dan Asrama Haji Sudiang,” urainya di Makassar, Rabu.

Setelah Kabupaten Pinrang, peningkatan kasus kematian tertinggi selanjutnya yakni di Kabupaten Enrekang yang persentasenya di angka 4,75 persen, sedangkan angka kesembuhan hanya di angka 67,8 persen.

Husny menyebut Pemprov Sulsel melalui Dinas Kesehatan terus mengupayakan kesembuhan pasien COVID-19 dengan melengkapi berbagai kebutuhan pasien, seperti ketersediaan tabung oksigen, termasuk obat-obatan.

Ketersediaan oksigen di rumah sakit Sulsel sebanyak 20.498 m3 dengan estimasi habis sebesar 3,61. Sedangkan pemakaian gas cairnya 5.990 m3.

Satgas COVID-19 mencatat sebanyak 16 orang dinyatakan meninggal akibat COVID-19 pada 18 Agustus sehingga total pasien COVID-19 yang meninggal sebanyak 1.781 orang. (ANT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *