Upacara HUT Kemerdekaan RI, Kendaraan Disetop Sementara

  • Whatsapp
Upacara HUT Kemerdekaan RI, Kendaraan Disetop Sementara
Upacara detik detik proklamasi di depan Pasar Sentral Pekkabata.

SULBAR EXPRESS — Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76 tahun, personel TNI dan Polri menggelar upacara di depan Pasar Sentral Pekkabata, Kelurahan Pekkabata, Kabupaten Polman, Senin 17 Agustus.

Pengibaran merah putih menarik perhatian pengguna jalan dan pengunjung pasar. Warga pun antusias menyaksikan momentum peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan tersebut.
Jika sebelumnya digelar upacara bendera diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa, kini ditiadakan. Upacara HUT RI ke-76 dilaksanakan dengan terbatas. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 belum berlalu.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Polman membentangkan bendera merah putih sepanjang 3×2 meter di tengah jalan, tepatnya di simpang empat Pasar Sentral.
Saat pembentangan bendera, aktifitas pengguna jalan dihentikan selama tiga menit dan diminta memberikan sikap hormat di samping kendaraannya masing-masing.

“Saat detik-detik proklamasi, Pukul 11.17 Wita, kita kibarkan bendera. Aktivitas di pasar dihentikan dari semua arah. Kemudian, saat bendera dikibarkan, kita berikan sikap hormat,” kata Kapolres Polman, AKBP Ardi Sutriono.

Sementara Kasat Lantas Polres Polman, AKP Ferrix Sandhy Anggara menyebut kegiatan ini dimodifikasi agar masyarakat bisa memahami. “Sebagai bentuk penghargaan, mengingat jasa pahlawan yang gugur di medan perang, sebelum proklamasi,” ujarnya.

Menurut dia, semua pengendara berdiri di samping kendaraannya masing-masing, Kemudian mengambil sikap sempurna saat bendera dikibarkan. Mereka pun diwajibkan mendengar teks proklamasi yang akan diputar melalui pengeras suara.

“Ditambah lagi, ada bunyi sirene sebelum teks proklamasi dibacakan,” pungkas AKP Ferrix. (ali/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *