Taman Budaya dan Museum Sulbar, Perkuat Sistem Pendataan Aset Budaya dan Seni

  • Whatsapp
FOTO: DOK PRIBADI
UPTD. Suasana pembahasan sistem pendataan aset budaya dan seni di UPTD Taman Budaya dan Museum Disdikbud Sulbar, Jumat pekan kemarin.

SULBAREXPRESS.CO.ID — Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Budaya dan Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar melakukan penguatan sistem pendataan aset budaya daerah.

Agenda ini diawali dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola data.

Bacaan Lainnya

Data tersebut nantinya akan terkumpul dalam server yang disebut Sitamu (Sistem data UPTD Taman Budaya dan Museum).

Sitamu diisi personel tim UPTD yang dapat melakukan penginputan dimanapun dan kapanpun.

“Teknik pengumpulan data menggukan angket dan wawancara kepada narasumber,” ujar Admin Aplikasi Sitamu, Ibar Bahar di Kantor UPTD Taman Budaya dan Museum, di Tinambung Jumat 3 September.

Pihaknya telah membahas dan memberikan pemahaman kepada tim UPTD terkait mekanisme pendataan aset budaya dan seni Sulbar ke dalam aplikasi tersebut.

Sitamu diproyeksi menjadi bank data kebudayaan dan kesenian lokal Sulbar. Selain itu, dapat menjadi indikator penilaian para staf Taman Budaya dan Museum dalam bekerja.

Adapun item pendataan berbasis daring ini, diantaranya; Sanggar Seni, Cagar budaya, Lembaga Adat, Tradisi dan Kepercayaan, Kesenian, Kesejarahan, Permainan Rakyat, Produk Hukum Kebudayaan dan Maestro Seni Budaya lokal.

Ditambahkan, informasi yang diperoleh akan menjadi data awal pendataan kemudian diproses lebih lanjut menjadi data primer.

Data ini dikelola secara terbatas karena hanya dapat digunakan oleh staf UPTD,” tandas Ibar. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *