Anugerah Penyiaran KPID Sulbar 2021, Diharap Tumbuhkan Industri Penyiaran

  • Whatsapp
FOTO: IDRUS IPENK
PENGHARGAAN. Suasana penyerahan piagam penghargaan KPID Sulbar kepada pihak pemerintah daerah di Waterpark Grand Hotel Maleo Mamuju, Minggu malam 19 September 2021.

SULBAREXPRESS.CO.ID – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulbar, malam tadi, menggelar malam anugerah penyiaran 2021. Delapan televisi dan tujuh radio meraih sejumlah kategori.

Even perdana KPID ini sebagai apresiasi siaran lokal di tengah Covid-19 sekaligus mendorong akselerasi lembaga penyiaran di daerah menuju digitalisasi penyiaran.

Bacaan Lainnya

Begitu disampaikan Ketua KPID Sulbar, Ahmad Syafri Rasyid saat memberikan sambutan di malam penganugerahan penyiaran, Minggu malam, 19 September.

Ada delapan kategori penghargaan berikan kepada embaga penyiaran televisi, dan tujuh kategori untuk lembaga penyiaran radio.

“Dalam setiap kategori yang diperlombakan, KPID membentuk tim penilai dari unsur perguruan tinggi, dan pemerhati penyiaran,” papar Ahmad di water Park Grand Hotel Maleo, Mamuju.

Selain itu KPID juga memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah dan pimpinan DPRD Sulbar atas sinergi dan perhatiannya kepada lembaga penyiaran.

“Pandemi covid-19 mengakibatkan banyak aktivitas yang terganggu termasuk di lembaga penyiaran. Meskipun begitu berbagai upaya terus dimaksimalkan. Karenanya, penghargaan ini menjadi bagian penting perjuangan untuk menumbuhkan industri penyiaran di Sulbar,” urai Ahmad.

Di tempat sama, Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar mengapresiasi penganugerahan yang dilakukan oleh KPID Sulbar.

Anugerah Penyiaran KPID Sulbar 2021, Diharap Tumbuhkan Industri Penyiaran

“Upaya ini merupakan langkah maju dan cukup berarti dalam menumbuh kembangkan Industri penyiaran,” ucap Enny.
Ia pun mendorong pelaku usaha penyiaran untuk selalu membuat inovasi dan kreatifitas dan mengangkat budaya lokal di tanah Mandar.

Ditambahkan, data terkini menunjukkan sejak 2019, jumlah lembaga penyiaran yang mendapat izin penyelenggaraan penyiaran (IPP) dan izin siaran radio (ISR) sangatlah kecil.

“Untuk lembaga penyiaran TV kabel hanya satu, yang memiliki IPP dan sekarang sudah sembilan, dan tersebar di enam kabupaten,” jelasnya.

Sementara untuk lembaga penyiaran radio, menurutnya hanya ada tiga lembaga mengantongi ISR dan saat ini sudah mencapai Sembilan radio.

Ia berharap, langkah inovatif KPID ini agar terus dilanjutkan, sehingga KPID Sulbar menjadi garda terdepan dalam mengawal informasi.

Sementara mengenai penghargaan yang diberikan kepada pemerintah Sulbar, ia sangat mengapresiasi menurutnya, itu sebagai pemantik pemerintah Sulbar untuk tersu melakukan perbaikan dalam bekerja.

“Ini akan memotivasi lebih bagus lagi untuk program selanjutnya,” jelasnya.

Ia pun meminta kepada media memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat, khususnya dalam menyaring informasi.

Pada kesempatan tersebut sejumlah penghargaan khusus juga diberikan KPID kepada Pemerintah Sulbar, Ketua DRPD Sulbar, Kominfo Sulbar dan seluruh Kominfo di enam kabupaten di Sulbar.

Selain itu KPID juga memberikan penghargaan kepada lembaga mitra Siran sehat untuk Rakyat, seperti Ketua MUI Sulbar,

Kepala Kementrian Agama Provinsi Sulbar, Kepala BPOM Mamuju, Rektor Unasman, Ketua STAI DDI Polewali Mandar, dan pimpinan STAIN Majene.

Anugerah Penyiaran KPID Sulbar 2021, Diharap Tumbuhkan Industri Penyiaran
KOMISIONER KPID Sulbar menyerahkan penghargaan kepada mitra kerja pada malam anugerah penyiaran 2021, malam tadi.

Kepala Kanwil Kemenag Agama Provinsi Sulbar, Muflih B. Fattah merasa bersyukur dimana KPID memberikan kepercayaan kepada Kementerian Agama dalam mengawasi penyiaran dakwah.

“Kami telah membuat Mou (Memorandum of Understanding) bersama KPID bagaimana agar siaran harus sesuai aturan dan norma agama,” jelas Muflih.

Rektor Unasman, Chuduriah Sahabuddin mengatakan apresiasi juga diberikan kepada KPID atas penghargaan yang diberikan kepada institusi perguruan tinggi salah satunya Unasman.

“Tanpa adanya KPID konten itu tentu tidak ada penyaringan, tidak ada filter dalam melakukan pengawasan penyiaran,” singkat Chuduriah. (idr/chm)

=======================================
Kategori Penghargaan Penyiaran 2021
KPID Sulbar
=======================================
Program Berita Terbaik
Talk Show Terbaik
Berita Radio Terbaik, LPP/LPPL
Siaran Pendidikan Terbaik Televisi
Siaran Ramadan Terbaik Televisi
Siaran Ramadhan Terbaik Radio LPP/LPPL
Program Peduli Covid-19 Terbaik Televisi
Siaran Lokal Terbaik Radio LPP/LPPL
Siaran Ramadhan Terbaik Radio LPS
Iklan layanan Masyarakat Pencegahan Covid-19 Radio
Siaran Anak Terbaik Televisi
Siaran Budaya Lokal Televisi
Talk Show Terbaik Radio LPP/LPPL
Program Mitigasi Bencana Gempa Terbaik LPP/LPPL
Iklan Layanan Masyarakat Covid-19 Terbaik Televisi
Iklan Layanan Masyarakat Covid-19 terbaik radio LPS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *