Bawaslu Sulbar Gelar SKPP

  • Whatsapp
Bawaslu Sulbar Gelar SKPP
SKPP. Bawaslu Sulbar menggelar SKPP, di Aula LPMP Tammajarra Majene Sulbar, Selasa 31 Agustus 2021.

MAJENE, SULBAREXPRESS.CO.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulbar menggelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), di Aula Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Tammajarra Majene Sulbar, Selasa 31 Agustus.

Kegiatan SKPP yang digelar itu merupakan kegiatan kaderisasi pengawasan pemilu dan pemilihan yang melibatkan masyarakat umum, khususnya para generasi muda.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo menuturkan, pengawas pada tiap tingkatan sangat terbatas sehingga pemanfaatan pengawasan akan baik jika dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat.

“Para peserta akan merasakan manfaat langsung dari Pemilu yang baik, sebab semakin tinggi partsipasi masyarakat, maka kualitas pemilu juga semakin baik, kami bersyukur di Sulbar Kabupaten Majene menjadi daerah dengan tingkat partispasi pemilih yang tinggi pada Pilkada kemarin,” ujarnya.

Ia menyampaikan, seluruh kader pengawas partiipatif 2021 tingkat Sulbar telah di vaksin dan sebelum memasuki ruangan telah melakukan swab. “Melalui kegiatan ini, tentu kita berharap kepada para peserta dapat menjadi agen pengawasan partisipatif di daerahnya,” ujar Sulfan.

Ia menambahkan, selain meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pengawasan pelaksanaan pemilihan, juga bertujuan sebagai sarana pendidikan Pemilu dan Pilkada bagi masyarakat. “Melalui SKPP ini semoga menciptakan aktor-aktor pengawas dan kader penggerak pengawasan partisipatif,” harapnya.

Kesempatan sama, Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo menjelaskan, SKPP merupakan program pengawasan partsispasitif yang dimiliki Bawsalu RI yang berkerja sama dengan Bapenas untuk mendorong mengawal pemilu dan pemilihan yang telah dimulai sejak 2018.

“Sebenarnya, program ini akan berkahir 2021, dan tidak akan diadakan lagi, sehingga diharap program ini tidak akan berkahir, dan Majene bisa mengambil alih dengan menyesuaikan kemampuan daerah,” pintanya.

Ia juga berharap, program SKPP dapat dilanjutkan Pemerintah Daerah termasuk menambah jumlah pengawas yang akan dipersiapkan saat pemiliu 2024. ″ Hal ini sangat penting mengingat Pemilu 2024 mendatang beban kerjanya diprediksi cukup kompleks dan membutuhkan kerjasama yang luas dengan selruh elemen masyarakat,” urainya.

Sementara, Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele mengapresiasi kegiatan SKPP yang dilaksanakan Bawaslu Sulbar di Majene, karena dapat memunculkan kesadaran masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu.

“Dengan kesadaran masyarakat dapat mewujudkan pemilu yang demokratis. Dan kita berharap SKPP 2021 ini dapat melahirkan kader-kader yang menjadi patron dalam meningkatkan pengawasan partisipatif ditengah masyarakat, sehingga kualitas demokrasi dan pelaksanaan pemilu menjadi lebih baik, karena Pemilu yang jujur dan adil akan melahirkan pemimpin yang amanah dan berpihak kepada rakyat,” paparnya.

Hadir dalam SKPP, Anggota Bawaslu Sulbar, Sekteratiat Bawslu Sulbar, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Majene, Ketua KPU Majene dan para Kader Pengawas Pemilu.(hfd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *