BPJS Ketenagakerjaan Buat Inovasi Baru

  • Whatsapp
BPJS Ketenagakerjaan Buat Inovasi Baru
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Majene Hamrul Ilyas saat sosialisasi Jumat Safari, di Masjid Lingkungan Tamo Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur.

MAJENE, SULBAREXPRESS.CO.ID – Para pekerja informal seperti nelayan serta pedagang dan sebagainya terus diupayakan masuk kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di daerah ini.

Khususnya, pekerja informal di wilayah Kabupaten Majene masih banyak yang belum tergarap, sehingga pihak BPJS Ketenagakerjaan Majene membuat inovasi dengan mengusung Safari Jumat.

“Melalui inovasi ini, tentunya diminta kepada stakeholder terkait untuk bisa berperan aktif membantu sosialisasi Jumat Safari ini kepada masyarakat agar bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang aktif,” pinta Hamrul Ilyas Kepala BPJS Ketenagakerjaan Majene, Rabu 29 September.

Hamrul menjelaskan, Safari Jumat secara perdana mulai disosialisasi ke masyarakat Lingkungan Tamo Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur sekaligus penyerahan simbolis Jaminan Kematian (JKM) atas nama M. Aris warga nelayan setempat yang meninggal karena sakit.

“Inovasi Safari Jumat yang kami buat ini, sebagai media atau tools yang bisa dimanfaatkan dimasa Pandemi Covid-19 karena sulit untuk mengumpulkan massa yang banyak dengan protokol yang ketat,” jelasnya.

Ia mengaku, sosialisasi Safari Jumat akan diselenggarakan setiap Jumat ke depan dengan cara mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mendapat perlindungan sosial. “Jumat Safari ini sekaligus wadah menjalin hubungan Silaturahmi dengan masyarakat khususnya para pekerja maupun pemberi kerja diberbagai lintas profesi,” ucapnya.

Diuraikan, manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat umum terutama nelayan, jika meninggal diluar hubungan kerja akan mendapat santunan Rp42 juta sedangkan meninggal dalam hubungan kerja akan mendapat Rp70 juta serta anak yang ditinggalkan mendapat beasiswa maksimal Rp174 juta untuk 2 orang anak mulai dari TK sampai Sarjana (S1).

“Untuk Iuran yang dibutuhkan hanya Rp16.800 setiap bulan yang bisa dibayarkan per bulan, setiap 3 bulan, atau langsung 6 bulan iuran¬†bahkan bisa langsung 12 bulan. Dan iuran Rp16.800 itu sudah mencakup 2 program, yaitu Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja,” terangnya.(hfd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *