Diskominfo Apresiasi Pelaksanaan UKW di Sulbar

  • Whatsapp
Diskominfo Apresiasi Pelaksanaan UKW di Sulbar
Kadis Kominfo Sulbar, Safaruddin Sanusi DM

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Sulbar mengapresiasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulbar yang kembali agendakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Kadis Kominfo Sulbar, Safaruddin Sanusi DM menilai UKW sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas dan profesionalisme awak media. Termasuk bagi mereka yang selama ini menjadi mitra pemerintahan.

Bacaan Lainnya

“Kita sangat mendukung dan mengapresiasi PWI dalam mendorong uji kopetensi di Sulawesi Barat yang tentu akan berdampak pada perkebangan daerah kedepan,” ujar Safaruddin, Kamis 23 September, di Mamuju.

Wartawan berkualitas kata dia, akan menghasilkan pemberitaan berbobot pula sehingga UKW diharap berlangsung obyektif, menjaring pewarta profesional dan memahami kode etik jurnalistik dan UU 40/ 1999 tentang Pers.

Menurut Safaruddin, meningkatnya kualitas pewarta akan menghasilkan informasi terpercaya, menekan hoaks yang tentu akan mendongkrak kepercayaan publik pula.

“Jadi, masyarakat tidak ragu lagi mengambil sumber informasi. Begitupun bagi pemerintahan, sehingga kehadiran UKW ini akan sangat mendukung pula bagi pengembangan daerah kedepan melalui berita-berita yang berkualitas, baik itu info-info pembangunan maupun kritik yang membangun,” paparnya.

Pihaknya pun berharap melalui UKW PWI Sulbar, media terverifikasi di provinsi ini bisa terus bertambah dalam menopang peningkatan kerja sama pemerintah daerah dan media massa.

“Kedepan, kita sudah harus pikirkan untuk memprioritaskan kerja sama dengan media yang mengantongi verifikasi dewan pers,” imbuh Safaruddin.

Puluhan peserta akan ikut dalam UKW yang mulai berlangsung besok, Sabtu 25 September di Mamuju. Menghadirkan tim penguji dari Dewan Pers.

Para peserta ini berasal dari seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Sulbar. Mereka akan mengikuti kelas Utama, Madya dan kelas muda.

Safaruddin menambahkan, Dinas Kominfo Sulbar juga pernah mencoba mengajukan kerja sama pelaksanaan UKW dengan pihak ketiga sebagai bagian dari program peningkatan SDM jurnalis di Sulbar.

“Kita sudah usul dengan pihak ASTRA, namun belum ada respon. Mudah-mudahan UKW bulan ini ada tahap lanjutan dan Kominfo bisa jadi pelaksana bersama teman-teman media di Sulbar,” tutup Safaruddin. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *