HUT Sulbar akan Terpusat di Polman, Panitia Siapkan Konsep Kebudayaan

  • Whatsapp
IST
TAHAP PERAMPUNGAN. Bangunan utama Taman Budaya dan Museum, Buttu Cipping di Polewali Mandar. Persiapan peringatan hari jadi Sulbar 2021 terus dimantapkan. Bakal terpusat di kawasan Buttu Cipping.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Persiapan menuju hari jadi ke 17 tahun Provinsi Sulbar mulai dimatangkan. Diproyeksi bernuansa budaya. Terpusat di Polman.

Selasa 31 Agustus, Sekprov Sulbar Muhammad Idris DP memimpin rapat persiapan hari jadi Sulbar ke-17 tahun bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulbar.

Bacaan Lainnya

Dalam penyampaiannya, Idris mengatakan perayaan HUT tahun ini akan didominasi dengan konsep dengan konsep kebudayaan sebagai bagian dari upaya menguatkan promosi pariwisata daerah.

“Nuansa penyelenggaran lebih kita dorong pengembangan sektor strategis pariwisata, sehingga berbagai kegiatan maupun hal-hal yang mendukung kita dorong ke pariwisata,” ujar Idris.

“Misalnya nanti akan ada atraksi kuda pattudu,” imbuhnya, saat dikonfirmasi usai memimpin rapat.

Pemerintahan dibawah kepemimpinan Gubernur Sulbar Ali Baal juga menyiapkan kawasan Buttu Cipping di Polewali Mandar sebagai arena pelaksanaan peringatan HUT Sulbar yang diperingati pada 22 September nanti.

Buttu Cipping di Kecamatan Tinambung merupakan proyek Taman Budaya dan Museum yang kini pembangunannya terus digenjot Pemprov Sulbar.

FOTO: IDRUS IPENK
SEKPROV Sulbar, Muhammad Idris Dp memimpin rapat persiapan HUT Sulbar di Rujab Sekprov, Selasa 31 Agustus 2021.

Kawasan Buttu Cipping dipilih sebab dinilai strategis, memiliki bangunan dan kapasitas memadai, mencapai 450 orang. Sebanyak 50 persen dari kapasitas tersebut akan digunakan.

“Selain Paripurna, juga akan memberikan penghargaan kepada individu atau organisasi yang berjasa memajukan provinsi satu tahun terakhir. Tim sementara mengindetifikasi, kemudian memastikan siapa yang kita undang untuk menerima penghargaan,” jelasnya.

Sekprov menambahkan, semangat HUT tahun ini juga lebih kepada bagaimana melakukan kilas balik keberhasilan Sulbar setelah dilanda bencana.

Sementara Ketua Panitia HUT Sulbar, Muh Nasir mengatakan seluruh persiapan akan segera dirampungkan termasuk mengenai teknis kegiatan. “Undangan sudah beredar 10 hari sebelum hari H,” ucap Nasir yang juga Asisten I Setda Sulbar.

Dia melanjutkan bahwa hari jadi Sulbar di Polman akan menjadi peringatan yang pertama digelar di luar Mamuju, Ibu Kota Sulbar. Sehingga seluruh persiapan harus maksimal.

Ditambahkan, selain Pattudu yang iringan rebana, pelaksanaan HUT juga akan menampilkan lantunan sayang-sayang.

“Pelaksanaan akan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya.
Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, dr. Asran Masdy mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan posko Covid-19.

“Tidak satupun yang hadir tidak rapid. Di jalan masuk akan ada posko rapid termasuk untuk vaksinasi,” bebernya.

Sementara Sekertaris Dewan DPRD Provinsi Sulbar Abdul Wahab Hasan Sulur, mengatakan terkait agenda DPRD akan diikuti seluruh anggota dewan.

Fasilitas kebutuhan paripurna istimewa sudah, tambah Sekwan, juga disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *