OPD Operasikan Bank Sampah

  • Whatsapp
OPD Operasikan Bank Sampah
Wakil Bupati Majene Arismunandar menyosialisasikan pengoperasian bank Sampah, di ruang Rapat Wakil Bupati Majene, pada pekan lalu.

MAJENE, SULBAREXPRESS.CO.ID – Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah.

Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.

Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama.

Seperti yang di programkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene untuk mendukung program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Majene, yaitu Majene Bersih, dengan melakukan penerapan Bank Sampah di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kecamatan Banggae dan Banggae Timur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Sudirman mengungkapkan, untuk program bank sampah sejak beberapa tahun lalu telah digaungkan melalui surat edaran Bupati Majene yang mewajibkan semua OPD membuat bank sampah.

“Program bank sampah selama ini sempat tersendat sejak mewabahnya Covid-19, namun saat ini sudah berjalan di beberapa OPD, diantaranya Dinas PUPR, DPP-KB dan DLHK Majene serta OPD lainnya,” ujar Sudirman,” Rabu 29 September.

Dikatakan, upaya penerapan kembali bank sampah merupakan langkah dan momentum yang baik mengingat volume sampah di Majene kian bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk.

“Penerapan bank sampah bagi OPD ini, juga sudah di sosialisasikan, di ruang Rapat Wakil Bupati Majene, pada pekan lalu. Dan diharapkan program bank sampah tidak hanya berlanjut pada program 100 hari Bupati Majene, tapi tetap berkelanjutan sesuai arahan Wakil Bupati Majene Arismunandar,” harapnya.(hfd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *