Pemdes Diharap Turut Memacu Vaksinasi

  • Whatsapp
Pemdes Diharap Turut Memacu Vaksinasi
Sekprov Sulbar, Muhammad Idris DP.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Pemerintah Daerah se Provinsi Sulawesi Barat masih harus menggenjot capaian vaksinasi covid. Harapannya, kini berada di tingkat desa/ kelurahan.

Vaksinasi akan memberikan ketahanan kepada masyarakat dari kemungkinan terpapar Covid-19.

Bacaan Lainnya

Karena itu, Sekprov Sulbar Muhammad Idris DP meminta kontribusi seluruh pemangku kebijakan agar lebih giat melakukan sosialiasasi dan edukasi di wilayah masing-masing.

“Progresnya harus Semua pihak bersinergi. Tidak cukup dengan pemerintah. Harus jalan bersama-sama, juga bersama masyarakat. Nanti kita bantu vaksinator dan vaksin,” kata Idris di Mamuju, Selasa 28 September.

Dijelaskan bahwa sampai kemarin, berbagai upaya terus dilakukan Pemprov. Mulai dari penambahan vaksin hingga tenaga vaksinator agar seluruh masyarakat bisa segera tervaksin.

Ia pun, akan menyasar seluruh desa untuk melakukan vaksinasi. Melalui gerakan Sulbar cepat vaksin yang akan diluncurkan segera.

“Disini kepala desa harus didorong untuk mengambil inisiatif vaksin. Kita sudah sampaikan ke pemerintah kabupaten, kalau bisa tunda Alokasi Dana Desa (ADD) kalau warga desanya belum vaksin,” ajak Sekprov.

“Masyarakat diharap segera melakukan vaksinasi. Apapun caranya, baik itu berkelompok, per kampung, per desa kita layani. Jangan diam. Jangan nanti datang pemerintah baru mau vaksin,” imbuh Idris.

Pihak pemerintah desa juga diharapkan memberikan pemahaman yang baik dengan cara komunikasi yang efektif, terhadap seluruh masyarakat akan pentingnya vaksinasi covid, sambil tetap mengampanyekan protokol kesehatan: pakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, cuci tangan pakai sabun, dan mengurangi mobilitas.

Hingga saat ini, capaian vaksinasi di Sulawesi Barat berada diangka 275.241 atau 25,27 persen untuk dosis pertama dan 135.256 (12,42 persen) dosis kedua. Target vaksinasi di provinsi ke-33 ini mencapai 1.089.240 orang.

“Memang paling rendah Sulbar dan tentu kita malu, sehingga harus didorong terus,” tandasnya. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *