Semoga Duta Sulbar Ukir Prestasi

  • Whatsapp
IDRUS IPENK
DUTA SULBAR. Prosesi pelepasan atlet dan official yang tergabung dalam Kontingen Sulbar menuju PON XX Papua. Mamuju, Minggu 19 September 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Perjuangan menuju PON XX Papua bukanlah hal mudah. Banyak tantangan. Seperti pandemi Covid-19 dan gempa hingga kesiapan anggaran.

“Semoga Keterbatasan saat ini tidak mengurangi semangat melakukan yang terbaik untuk memenuhi harapan publik olah raga kita,” kata Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Minggu 19 September.

Bacaan Lainnya

Minggu kemarin, Ali Baal yang juga Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar melepas 53 atlet dan Official kontingen Sulbar pada PON XX di Papua yang terjadwal 2-15 Oktober mendatang.

Ia berpesan kepada para atlet agar menjaga kebersamaan dan kondisi kesehatan, utamanya asupan gizi sehingga bisa meraih hasil maksimal.

“Sangat penting juga selalu menjujung tinggi sportifitas olah raga. Jangan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan perilaku malaqbi yang menjadi slogan provinsi Sulawesi Barat,” ungkapnya.

Selain itu, seluruh anggota kontingen diminta untuk selalu menjaga keamanan ketika berada di lokasi PON.

“Jangan mengabaikan faktor keamanan diri dan kontingen, baik di arena pertandingan maupun di tempat lain. Harus selalu ingat untuk jaga diri dan orang lain dari ancaman Covid-19 dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” papar Ali Baal.

Menurutnya, medali PON adalah harapan Pemprov. Masyarakat Sulbar kata dia, tentu berharap hasil maksimal.

Sementara Wakapolda Sulbar, Brigadir Jenderal Polisi Umar Faroq berharap ada bingkisan khusus dari para atlet dari Papua, apalagi Sulbar akan memasuki hari jadi pada 22 September nanti.

“Kita berharap bisa meraih medali, sebagai hadiah di hari jadi Sulbar ke-17,” ujarnya.

Danrem 142 Tatag, Brigjen TNI. Firman Dahlan juga berharap para atlet bisa meraih hasil maksimal dengan tetap menggelorakan semangat dengan berjuang tanpa putus asa.

“Kami yakin bisa meraih prestasi karena tidak ada kata-kata puas dalam menciptakan prestasi,” jelasnya.

Sekprov, Muhammad Idris DP memotivasi agar seluruh atlet bisa semangat mengikuti PON Papua dan meraih medali.

“Tidak boleh hanya datang melihat, tetapi harus membawa medali emas, perak atau perunggu. Kalaupun tidak mendapat medali, jangan sampai tidak semangat,” sebut Sekprov.

Diketahui, jadwal pemberangkatan kontingen Sulbar menuju PON XX Papua berlangsung secara bertahap.

Rencananya, pada 23 September diberangkatkan 45 orang. Terdiri dari atlet official dan keamanan.

“Yang berangkat pertama adalah sepak takraw, panjat tebing dan balap motor,” beber Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Muhammad Hamzih.

Pemberangkatan dijadwalkan lebih awal lantaran padatnya jadwal penerbangan menuju Papua.

Persiapan pun telah dilakukan, seluruh atlet nantinya akan di tempatkan dan dijamu oleh Kerukunan Keluarga Mandar Sulbar di Papua (KKMSB).

“Sudah ada hotel, jadi KKMSB siap memfasilitasi kita di sana,” imbuh Hamzih.

Semoga Duta Sulbar Ukir Prestasi
Gubernur sekaligus Ketua Koni Sulbar Ali Baal Masdar, menyerahkan petaka PON Sulbar ke Kadispora Sulbar Muhammad hamzih, sebagai simbol pelepasan kontingen Sulbar menuju PON XX Papua, Kemarin.

DELAPAN KONTINGEN
Kemarin, delapan kontingen PON XX telah tiba di Provinsi Papua. Yakni DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Lampung, Jawa Barat, Bali, Papua Barat, Banten dan Nusa Tenggara.

Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON Papua Yunus Wonda di Jayapura, Minggu, mengatakan pihaknya mengapresiasi kontingen-kontingen yang sudah tiba di Papua.

“Kami meyakinkan para atlet dan ofisial bahwa PB PON bersama pemerintah dan masyarakat di Tanah Papua akan melayani seluruh kontingen dengan baik,” kata Yunus.

Menurut dia, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada para duta-duta olahraga yang telah tiba dan sangat antusias dengan pelayanan panitia.

“Perjalanan dari tempat saudara-saudara cukup jauh, tapi saya melihat seluruh kontingen senyum gembira dengan penyambutan kami,” ujar Yunus.

Pihaknya berharap suasana ini tetap terjaga hingga seluruh kontingen kembali ke provinsinya masing-masing nanti.

Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX, Suwarno mengatakan penyambutan kontingen berjalan dengan baik, sesuai dengan perencanaan dan simulasi yang sudah dilakukan.

“Kedatangan kontingen dilayani sesuai dengan simulasi kegiatan penjemputan, kontingen tiba di bandara dijemput panitia bidang acara, lalu menuju ke kendaraan dan langsung ke tempat penyambutan di halaman parkir Stadion Barnabas Youwe,” ungkap Yunus.

Dia menambahkan tiba di stadion, kontingen disambut tarian khas Papua, lalu dilayani validasi e-Hac dan aktivasi ID Card, kemudian istirahat, menikmati makanan ringan dan selanjutnya diantar ke akomodasi masing-masing. (idr-ant/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *