Hasrat Pimpin IKA UNM Mamuju

  • Whatsapp
FOTO: IDRUS IPENK
ALUMNI UNM. Ketua DPP IKA UNM, Nurdin Halid bersama Ketua IKA UNM Mamuju, Hasrat Lukman pada pengukungan di Mamuju, Jumat 15 Oktober 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Hasrat Lukman resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai ketua umum Ikatan Alumni Universitas Negeri Makassar Cabang Kabupaten Mamuju, periode 2021-2026. Berkomitmen bangun kolaborasi pengembangan SDM di daerah.

Komitmen tersebut disampaikan Hasrat usai dilantik oleh Ketua DPP IKA UNM, Nurdin Halid yang hadir bersama Rektor UNM, Prof Husain Syam di hotel Grand Putra Mamuju, Jumat 15 Oktober.

Bacaan Lainnya

“Yang terpenting dalam pengukuhan alumni ini adalah kolaborasi yang harus kita laksanakan. Dengan terhimpunnya alumni IKIP dan UNM akan bergerak banyak pada bidang pendidikan dengan berkoordinasi bersama pemkab Mamuju,” ucap Hasrat.

Ia menilai, kondisi pasca gempa dan pandemi, pendidikan di Mamuju menjadi sektor yang sangat terdampak, ditambah kondisi indeks Pembangunan Manusia (IPM), sehingga butuh keseriusan dalam membangun dan bangkit kembali.

“Melihat kondisi Mamuju masih rendah dari segi IPM, maka kita akan terus berupaya eksis untuk bangkit dari pandemi dan pasca gempa,” ujarnya.

Dalam struktur IKA Cabang Mamuju, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi bertindak sebagai dewan penasehat yang akan bersinergi bersama pengurus dan sekira 700 alumni UNM di Ibu Kota Sulbar ini.

Hasrat Pimpin IKA UNM Mamuju

Terbentuknya IKA UNM diharap dapat berkontribusi besar terhadap sektor pendidikan melalui kolaborasi bersama Pemkab Mamuju.

Nurdin Halid mengatakan pelantikan DPC IKA Mamuju adalah yang pertama dilakukan sejak Munas IKA pada Desember 2018, lalu.

“Ini yang pertama karena adanya pandemi, seharusnya akselerasi organisasi berjalan sejak lama namun karena hendak melakukan konsolidasi kita tertimpa pandemi,” papar Nurdin.

Mamuju menjadi daerah pertama yang dilakukan pelantikan, mengingat rektor UNM merupakan orang Sulbar. “Mudah-mudahan kelanjutan kehidupannya juga untuk membaktikan diri untuk Sulbar,” ungkapnya.

Nurdin menjelaskan, sebuah lembaga yang hendak besar harus dinamis, kedinamisan organisasi terlihat dari konsolidasi organisasi. Termasuk upaya untuk membesarkan kampus UNM.

“Salah satu tugas utama seluruh pengurus adalah ikut membantu rektor menjadikan kampus UNM sebagai kampus peradaban kampus UNM, juga sebagai sebagai pelopor 4.0, dengan meningkatkan kualitas diri untuk meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara Rektor Prof Husain mengatakan alumni harus memiliki kontribusi kepada kemajuan universitas, salah satunya melalui organisasi IKA.

“Kehadiran DPP IKA dan DPC di setiap kabupaten di seluruh Indonesia, akan dilakukan serangkaian proses dengan menghadirkan kepengurusan,” ucapnya.

Ditekankan bahwa eksistensi IKA akan terlihat dalam bentuk komitmen mengabdikan diri pada pengembangan daerah.

“Kehadiran alumni ini kita mau organisasi ini menjadi wadah yang bisa bersinergi dengan pemerintah,” tegas Prof Husain.

Sehingga dengan terbentuknya wadah bagi alumni, dapat memudahkan melakukan kolaborasi secara organisasi utamanya dalam mengembangkan SDM kepada pemerintah daerah.

Menurutnya, meskipun belum sempurna langkah pertama yang dilakukan adalah melantik pengurus di tiga kabupaten yaitu Mamuju, Majene dan Polewali Mandar. Sulbar dipilih sebagai daerah pertama yang membentuk IKA sebab memiliki alumni terbanyak kedua.

Kepada pengurus yang telah dilantik dituntut bisa membaktikan diri kepada daerah dan universitas. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *