Masyarakat Diharap Dukung Pemenuhan Herd Immunity

  • Whatsapp
Foto: CHAERUL
Legislator Sulbar, H Sudirman menjalani cek kesehatan sebelum menerima suntikan vaksin covid. Mamuju, Rabu 13 Oktober 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Jangan khawatir menerima vaksin, sebab sangat dibutuhkan di tengah pandemi covid-19 yang masih mengancam saat ini.

Demikian disampaikan Legislator Sulbar, H Sudirman usai menerima vaksin covid di lingkungan DPRD Provinsi Sulbawesi Barat, Rabu 13 Oktober 2021.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat tak perlu takut untuk divaksin, karena ini adalah salah satu program pemerintah yang sangat efektif mencegah covid yang selama ini jadi persoalan besar di negeri kita,” papar Sudirman.

Ketua Komisi IV DPRD Sulbar ini, baru saja menerima suntikan vaksin jenis Moderna bersama beberapa anggota dewan lainnya. Penyuntikan dilakukan oleh tim dari Puskesmas Binanga, Kabupaten Mamuju.

Sudirman dari Fraksi Partai Golkar menjelaskan, kesuksesan program vaksinasi nasional menjadi tanggung jawab bersama dalam rangka pemenuhan herd immunity atau kekebalan kelompok untuk menekan penularan covid.

“Karena ini menyangkut kekebalan tubuh kita dan orang-orang sekitar kita semua. Olehnya kita berharap agar masyarakat tak perlu khawatir karena dampak negatifnya juga sangat minim,” imbuhnya.

Apalagi, imbuh Sudirman, capaian vaksinasi di Sulbar belum begitu menggembirakan. Masih harus dipacu secara bersama-sama dan membutuhkan kekompakan.

“Catatan vaksinasi kita masih tergolong kecil. Butuh dipercepat kita harap bisa tercapai seratus persen. Kami juga imbau masyarakat tetap prokes, pakai masker, jangan berkerumun juga selalu jaga jarak,” ucap Sudirman.

Selain dirinya, sejumlah anggota dewan dan staf DPRD Sulbar juga menjalani vaksinasi yang difasilitasi oleh tim dari Puskesmas Binanga.

Salah satu staf, Wawan mengaku biasa-biasa saja usai menerima suntikan vaksin. “Untuk sekarang alhamdulillah tidak ada keluhan,” ujarnya, sembari memegangi lengan yang sudah disuntik.

Hingga awal pekan ini Catatan terkait Covid di Provinsi Sulawesi Barat terus melandai. Secara umum sudah 12.285 warga terkonfirmasi positif. Sebanyak 11.740 diantaranya sudah pulih dan 342 jiwa meninggal.

Menjaga tren penurunan kasus positif, Pemprov Sulbar juga terus gencar mendorong vaksinasi massal di seluruh wilayah kabupaten.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, dr. Asran Masdy menyebut, pihak manapun yang ingin menyelanggarakan vaksinasi Covid-19, pihaknya siap memfasilitasi.

Dilakukan sebagai upaya mengejar target herd immunity di provinsi Sulbar, dimana vaksinasi Covid-19 se Sulbar untuk tahap pertama tercatat 28,34 persen. Sedang tahap kedua baru sebesar 15,61 persen. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *