Peringati Hari Kesehatan, TNI AL Gelar Khitanan Massal

  • Whatsapp
Peringati Hari Kesehatan, TNI AL Gelar Khitanan Massal
AKSI SOSIAL. Sejumlah dokter dan tim kesehatan TNI AL Mamuju saat melakukan khitanan massal di Mako Lanal Mamuju, Sabtu 9 Oktober 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Menyambut hari Kesehatan TNI AL (Harkesal) 2021, Lanal Mamuju menggelar Khitanan massal. Libatkan masyarakat dan pesantren.

Penanggungjawab Kesehatan Lanal Mamuju, Letda Laut (K) dr Feddy Manurung mengatakan, khitanan massal ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Khusus di Mamuju, tercatat 40 peserta dari 20 target awal yang direncanakan, Menurut Feddy, khitanan massal sekaligus menjadi upaya membantu masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.
Dalam pelaksanaannya, peserta dibatasi dengan protokol kesehatan ketat guna menghindari kerumunan. Selain itu peserta juga diberikan pemahaman tentang pentingnya vaksin.

Pada khitanan tersebut, Lanal Mamuju menggunakan tekhnologi laser yang dinilai cepat dan mudah.
“Kita gunakan electrical cauter atau lebih dikenal masyarakat dengan laser. Metode ini perdarahannya minim dan pengerjaannya juga cepat,” kata Freddy di Mako Lanal Mamuju, Sabtu 9 Oktober.

Ditambahkan, kegiatan ini tidak hanya bagi muslim, juga warga penganut agama lainnya. Sebab khitan memiliki manfaat besar bagi kesehatan alat reproduksi manusia.
“Semoga kedepan makin banyak masyarakat yang mau dikhitan, karena ini sangat baik bagi kesehatan,” ujarnya.
Salah satu orang tua anak yang mengikuti khitanan, Rasyid mengatakan khitanan massal yang dilaksanakan Lanal Mamuju dalam rangka Hari Kesehatan TNI AL, dinilai sangat membantu masyarakat.
“Karena kita ketahui untuk khitanan massal ini membutuhkan kekuatan finansial, yang datang ini kebanyakan ekonominya agak kurang,” sebut Rasyid.

Senada dengan Rasyid, Yanti orang tua salah satu anak mengatakan, khitanan massal ini sangat membantu masyarakat.
“Semoga lebih banyak masyarakat yang diberi kesempatan ikut khitanan ini. Untuk hari ini sudah banyak, tapi terbatas,” sebut Yanti.
Kegiatan ini juga diikuti sejumlah anak dari pesantren seperti, Pondok Pesantren (Ponpes) Syahid Al-Hidayah Pambobongan Induk Mamuju.

Pendamping dari ponpes Syahid Al Hidayah, Indrasana mengatakan ia membawa empat santrinya untuk mengikuti khitanan di Lanal Mamuju. Mereka masih bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah.
“Sehari-hari mereka tinggal di panti asuhan milik ponpes. Mereka anak-anak kami,” tandasnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *