Pertanian, Unggulan Pertumbuhan Ekonomi

  • Whatsapp
Pertanian, Unggulan Pertumbuhan Ekonomi
Pejabat Kanwil DJPb, Irfa Ampri pada Diseminasi kajian fiskal Sulbar triwulan II tahun 2021, Jumat 15 Oktober 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS,CO.ID – Sektor pertanian dan perikanan menjadi sektor unggulan dalam menopang perekonomian di Sulbar. Diharap jadi prioritas bersama.

Begitu hasil kajian fiskal regional II tahun 2021, Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulbar (DJPb) yang diutarakan dalam diseminasi secara virtual, Jumat pekan kemarin.

Bacaan Lainnya

Kajian Fiskal Regional (KFR) merupakan salah satu output Kanwil Ditjen Perbendaharaan yang menyajikan data dan analisis mengenai perkembangan kondisi fiskal, kemudian disandingkan target ekonomi makro pemerintah pada periode tertentu.

Plt Kanwil DJPb Sulbar Irfa Ampri menerangkan, berbagai dukungan fiskal pun akan dilakukan sebagai upaya mengoptimalisasi program pemberdayaan masyarakat di Sulbar.

Dijelaskan bahwa sektor pertanian, kehutanan dan perikanan memiliki kontribusi paling besar dalam menggerakkan perekonomian di Sulbar. Sebab selalu mendominasi produk domestik regional bruto daerah.

Dominasi tersebut membuat nilai tukar petani dan nilai tukar nelayan di Sulbar terus mengalami peningkatan.

“Nilai tukar petani dan nelayan di Sulbar selalu berada diatas level nasional,” kata Irfan, Jumat 15 Oktober.

Hal itu juga terlihat pada kontribusi KUR pada Sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, berdasarkan data penyaluran kredit usaha rakyat sampai dengan triwulan III tahun 2021, tercatat sebesar 49,87 persen.

“Djpb senantiasa mendukung berkembangnya perekonomian di Sulbar melalui program-program dan pemberdayaan masyarakat, salah satunya melalui pembiayaan KUR,” tambah Irfan.

Ia pun berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat sebagai upaya bersama menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di level regional, dan terus mendukung sektor-sektor unggulan yang mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulbar.

Diseminasi juga menghadirkan Kpala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulbar Hermanto, dan Kepala BPS Sulbar Agus Gede Hendrayana.

Agus Gede Hendrayana mengatakan perekonomian Sulbar terus mengalami pertumbuhan.

“Berdasarkan laju pertumbuhan ekonomi Sulbar triwulan 2018-2021, tumbuh positif di angka 5,44 persen,” tandasnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *