Banjir Rendam 45 Rumah

  • Whatsapp
Banjir Rendam 45 Rumah
Bhabinkamtibmas Desa Segerang, Bripka Hasrat saat meninjau salah satu titik banjir yang merendam dua dusun. (Ist)

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Tingginya curah hujan sejak Jumat siang hingga malam pekan kemarin, membuat debit air sungai Maloso Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman meluap hingga menggenangi pemukiman warga.

Puluhan rumah terendam banjir di dua dusun di Desa Segerang, yakni Dusun Sumail dan Dusun Segerang pada Sabtu 13 November.

Kepala Pelaksana BPBD Polman, Andi Afandi mengungkapkan bahwa banjir juga diperparah dengan kiriman air dari Sungai Sekka-sekka.

“Luapan ini merendam perumahan  di dua dusun. Menggenangi 20 rumah di Dusun Sumail, dan 25 rumah di Dusun Segerang. total 45 rumah terendam banjir di Desa Segerang,” paparnya, kemarin.

Menurut dia, pemicu meluapnya air karena menumpuknya sampah di jalur sungai Mapilli, terutama di area jembatan. “Apalagi ditambah tidak adanya tanggul permanen,” ujar Afandi.

Terpisah, Bhabinkamtibmas Desa Segerang, Bripka Hasrat Mahfud saat turun langsung meninjau lokasi banjir mengatakan, ketinggian air beragam pada sejumlah titik di wilayah sekitar aliran sungai.

“Kami sempat mengarungi jalan yang terendam banjir untuk memastikan kedalaman air dari ruas jalan dan derasnya arus, demi memastikan keselamatan masyarakat,” terangnya.

Hasrat mendorong agar masyarakat mengutamakan keselamatan diri dan keluarga mengingat saat ini curah hujan masih cukup tinggi. Potensi banjir pun masih mengancam.

“Jika memang tidak memungkinkan  menetap di rumah, Kami siap membantu mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Kami juga mengimbau  agar memperhatikan arus listrik dan anak-anak jangan dibiarkan bermain air banjir, karena risiko terbawa arus banjir sangat mungkin terjadi,” pungkasnya. (ali/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *