Bersama Mengantisipasi Dampak Cuaca Buruk

  • Whatsapp
Bersama Mengantisipasi Dampak Cuaca Buruk
CEK KESIAPAN. Kapolda Sulbar, Danrem 142/Tatag, Kajati Sulbar dan Kepala Basarnas Mamuju melakukan pemeriksaan pasukan dan kelengkapan pelatihan penanggulangan siaga bencana. Lapangan Ahmad Kirang Mamuju, Selasa 23 November 2021. (FOTO: IST)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Cuaca buruk mengintai wilayah Indonesia, tak terkecuali Provinsi Sulbar. Sebagai bentuk antisipasi, Kanrem 142 Tatag gelar latihan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

 

Danrem 142 Tatag, Brigjen TNI Firman Dahlan menjelaskan, berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klematologi dan Geofisika (BMKG), sebagian besar wilayah Indonesia akan terdampak fenomena La Nina 2021.

Sementara pihak BMKG Majene, menguatkan bahwa cuacak kurang bersahabat dengan curah hujan tinggi akan terjadi mulai November 2021 hingga Januari 2022.

Karenanya kata dia, penting mempersiapkan diri. Diantaranay dengan menggelar latihan penanggulangan bencana Alam gempa bumi dan tsunami bersama para pihak terkait di Mamuju.

Dijelaskan, agenda ini merupakan penjabaran dari UU 34/ 2004 tentang tugas dan peran TNI yang diantaranya adalah melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Yakni, melakukan bantuan penanggulangan bencana alam dan SAR serta bantuan kamanusiaan atas permintaan Pemda setempat.

“Satuan TNI diharapkan memiliki kesiapsiagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul di daerah sesuai kemampuan dan kewenangan TNI,” beber Brigjen Firman di lapangan Ahmad Kirang Mamuju, kemarin.

Danrem menegaskan bahwa sebagian besar Wilayah tanggungjawab Korem 142/Tatag merupakan daerah rawan bencana, sehingga dibutuhkan kesiapan bersama.

Ia pun menekankan pentingnya koordinasi, komunikasi, sinergitas terutama dengan pemerintah daerah dan instansi lainnya dalam menyikapi setiap dinamika kondisi alam di daerah.

Sementara Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi mengatakan, sangat mengapresiasi latihan Penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan oleh Korem 142/Tatag dengan melibatkan seluruh instasi yang terkait.

“Selama ini, kita jarang melakukan latihan Penanggulangan bencana alam, kegiatan ini sangat bagus sehingga nantinya kita semua dapat mengantisipasi ketika terjadi bencana di wilayah kita,” sebutnya.

Sementara Kabid Humas Polda Sulbar, Kombes Pol Syamsu Ridwan menuturkan pelatihan yang digelar akan bermanfaat mengasah kemampuan para Tim SAR dalam memberikan pertolongan saat terjadi bencana alam.

“Latihan ini juga meningkatkan soliditas dan kekompakan para personel sehingga saat terjadi bencana, mereka dapat bergerak dengan cepat dan tepat,” tandasnya.(idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *