BNNP Ringkus Sindikat Lintas Provinsi

  • Whatsapp
BNNP Ringkus Sindikat Lintas Provinsi
PRESS CONFERENCE. Kepala BNN Sulbar, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto saat merilis kasus di kantor BNNP Sulbar Mamuju, Selasa 16 November 2021. (IST)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Badan Narkotika Nasional (BNNP) Provinsi Sulbar merilis kasus narkoba yang menjerat pengedar inisial IR (35), asal Polman, dengan sabu-sabu 382,12 gram.

Kepala BNN Sulbar, Brigjen Polisi Sumirat Dwiyanto menyebut kasus ini merupakan hasil pengembangan dan penyelidikan BNNP.

Dari informasi yang diterima, kata dia, Tim Berantas menindaklanjuti dengan menghimpun data kemudian melakukan penangkapan pada 10 November, lalu di wilayah Kali Mamuju, Sulbar.

Menurutnya, saat hendak ditangkap, pelaku disebut mencoba melarikan diri dengan menabrak petugas menggunakan mobil yang dikendarai, jenis Toyota Innova.

Pelarian yang bersangkutan kemudian terhenti berkat kerja sama pihak Ditresnarkoba dan Dit Polair Polda Sulbar serta dukungan masyarakat.

“Saat ditangkap tim tidak menemukan barang bukti, lantaran pelaku sudah membuangnya. Saat kami periksa TKP, memang ditemukan barang bukti delapan saset yang telah dibuang di selokan,” urai Brigjen Pol Sumirat, Selasa 16 November.

“Ini merupakan jaringan lintas provinsi berhasil kita ungkap dan tangkap pelaku IR yang bertugas menjemput sabu-sabu di Pelabuhan antara Palu dan Toli-toli,” sambungnya saat menggelar konferensi pers di kantor BNNP Sulbar.

Dari pengakuan tersangka, sabu tersebut merupakan milik RA yang dianggap sebagai pelaku utama dan kini masih buron.

“Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa IR Alias CW sempat menggunakan sabu tersebut di wilayah pasangkayu. Hasil pemeriksaan Labfor,” tambah Brigjen Pol Sumirat.

Pelaku disangkakan Pasal 114 ayat (2) Juntho Pasal 132 Ayat (1) subsider Pasal 112 Ayat (2) Juntho Pasal 132 Ayat (1) UU 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara atau Pidana mati.

Selain delapan sachet plastik bening ukuran sedang yang berisi sabu dengan berat keseluruhan netto 382,1162 gram, petugas mengamankan satu pireks kaca, satu plastik hitam, mobil Innova hitam Nopol DD 1208 XP, satu HP Oppo A33 Moonlight Black, dan pakaian. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *