BPJamsostek-Dinas Kesehatan Teken Kerjasama, Akhmad Hidayat : Puskesmas Sebagai PLKK

  • Whatsapp
BPJamsostek-Dinas Kesehatan Teken Kerjasama, Akhmad Hidayat : Puskesmas Sebagai PLKK
KERJA SAMA. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulbar melakukan penandatanganan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Majene, di Cafe Diaz Majene.

MAJENE, SULBAREXPRESS.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Sulawesi Barat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Majene, di Cafe Diaz Majene, Kamis 25 November.

Penandatangan kerjasama itu, tentang Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Cabang Jamsostek Sulawesi Barat Akhmad Hidayat menjelaskan, perjanjian Kerjasama untuk terwujudnya kerjasama dan sinergi dalam rangka penyediaan layanan kesehatan bagi peserta program JKK di seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Majene.

“Melalui perjanjian kerjasama ini, juga memudahkan peserta BPJamsostek dalam mendapatkan layanan dan menjadikan Puskesmas sebagai PLKK (Pusat Layanan Kecelakaan Kerja) guna meringankan beban peserta dan perusahaan,” terangnya.

Akhmad Hidayat berharap, dapat memberikan kepastian kepada peserta BP Jamsostek di Kabupaten Majene, mengingat peserta BPJamsostek tersebar di seluruh wilayah. “Tidak hanya di Kota, tapi juga di pedesaan, seperti nelayan, petani, aparat desa, tukang ojek, tukang batu, dan profesi lainnnya sehingga tidak harus ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan kesehatan apabila mengalami kecelakaan kerja,” urainya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Majene dr. Rakhmat Malik sangat menyambut baik kerjasama dan berkomitmen untuk mendaftarkan tenaga Non Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajarannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

“Manfaat dari BPJamsostek sangat banyak, tidak hanya mendapatkan pelayanan kesehatan akibat kecelakaan kerja, tapi juga santunan yang diberikan ketika terjadi resiko cacat atau meninggal dunia. Ini sangat membantu masyarakat, dan kami akan berupaya agar tenaga kesehatan kami juga terdaftar sehingga terlindungi,” aku mantan Direktur RSUD Majene itu.

Kesempatan sama, Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Majene Hamrul Ilyas menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan memberikan apresiasi bagi Pemerintah Daerah Majene khusunya kepada Dinas Kesehatan yang telah menjadikan Puskesmas sebagai PLKK. “Ke depannya kami akan memaksimalkan penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Majene,” bebernya.

Hamrul berharap, kepada seluruh tenaga kerja di Kabupaten Majene, baik sektor formal (Badan Usaha) maupun informal dapat terlindungi melalui program BPJamsostek yang merupakan wujud komitmen dengan Dinas Kesehatan guna memastikan perlindungan JKK bagi Peserta BPJamsostek di seluruh wilayah Kabupaten Majene berjalan dengan baik.

“Ini merupakan amanat dari Undang-undang dan telah tertuang pada regulasi yang dikeluarkan Pemerintah Daerah, yaitu Peraturan Bupati Majene Nomor 34 Tahun 2015 dan Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2019,” pungkasnya.

Dalam penandatangan kerjasama antara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat Akhmad Hidayat dengan Kepala Dinas Kesehatan Majene dr. Rakhmat Malik dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Majene Hamrul Ilyas, disaksikan para Kepala Puskesmas.(hfd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *