Bukaka Grup Tuntaskan 14 Jembatan

  • Whatsapp
Bukaka Grup Tuntaskan 14 Jembatan
BERBINCANG. Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menerima perwakilan PT. Bukaka Grup, Senin 22 November 2021. (IST)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – PT Bukaka Grup menuntaskan pembangunan 14 unit jembatan di wlayah Kalumpang dan Bonehau. Sudah bisa diresmikan oleh Pemda.

 

Bukaka Grup merupakan perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur. Salah satunya menyasar wilayah Kecamatan Kalumpang, Mamuju. Disini berjalan proses pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

PLTA rencananya dibangun di daerah Karama, Kecamatan Kalumpang dengan kapasitas 450 Megawatt. Pengerjaan ini diawali dengan memantapkan infrastruktur jalan penghubung ke Karama yang juga melewati Kecamatan Bonehau.

Tuntasnya 14 jembatan diketahui setelah Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menerima pimpinan Project Manager PT Bukaka Grup, Basri Ali pada Senin 22 November, lalu.

Kemarin, Kepala Dinas PUPR Sulbar, Muh Ahsan menerangkan bahwa jembatan tersebut nantinya akan digunakan bagi masyarakat sekitar dan pihak perusahaan dalam mendukung kelancaran pembangunan PLTA Karama.

Menurut Aksan, dalam peningkatan infrastruktur penunjang PLTA Karama, pihak Pemprov melakukan peningkatan jalan sementara pihak swasta membangun jembatannya.

“Kita menggunakan dana PEN untuk pembangunan jalannya, sementara PT. Kalla Group (Bukaka) menggunakan danannya sendiri untuk infrastruktur jembatannya,” beber Aksan, Selasa 23 November.

Kunjungan pihak Bukaka kata dia, dalam rangka meminta kesediaan Gubernur Sulbar untuk meresmikan 14 unit jembatan, dari total 19 jembatan yang dikerjakan PT Bukaka Grup.
Jika tidak ada halangan, persemian akan dilakukan Rabu 8 Desember mendatang di daerah Kalumpang, yang terhubung dengan Seko.

Aksan menambahkan, pembangunan jalan yang dilakukan Pemprov Sulbar diharap mendapat dukungan pusat untuk pengerjaan sepanjang 90 Km.

“Kita sudah mengusul ke pusat untuk penanganan jalan Salubatu, Bonehau, Kalumpang, sampai Seko, dengan panjang 90 km. Sementara ini sudah terbuka itu Salubatu, Bonehau, Kalumpang sepanajng 50 Km. Masih ada 40 Km yang masih jalan setapak,” urai Kadis PUPR.

Project Manager PT. Bukaka Group, Basri Ali mengatakan bahwa masih ada lima unit jembatan yang belum diselesaikan.

“Lima unit jembatan ini belum bisa diselesaikan sebelum ada peresmian dari pak gubernur, utamanya jembatan Karangtalun,” kata dia.

Sementara Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar memberikan apresiasi kepada pihak PT. Bukaka Grup atas komitmen dan kesungguhan dalam membangun daerah melalui peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, yang nantinya akan tembus ke wilayah Seko, Sulsel.

Hal tersebut dinilai dapat berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi di kabupaten dan Sulbar secara umum.

Terkait lima unit jembatan yang belum rampung tersebut, Ali Baal mengatakan, pembangunan lima unit jembatan itu diharapkan dapat segera diselesaikan. (idr/chm)

Bukaka Grup Tuntaskan 14 Jembatan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *