Cegah Penyalahgunaan Narkoba, ASN Kesbangpol Lakukan Tes Urine

  • Whatsapp
Cegah Penyalahgunaan Narkoba, ASN Kesbangpol Lakukan Tes Urine
Petugas BNNP Sulbar melakukan tahapan pemeriksaan tes urine kepada sejumlah pegawai Kesbangpol Provinsi Sulbar, Senin 29 November 2021. (FOTO: IDRUS IPENK)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulbar melakukan tes urine atas Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Kontrak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulbar.

Tes Urine tersebut dilakukan setelah sosialisasi penyalahgunaan narkotika.

Kepala BNN Sulbar, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto mengatakan agenda ini merupakan kegiatan rutin berdasarkan permintaan yang dinas terkait. Pihkanya membuka diri jika piminan instansi lain menginginkan hal serupa.

“Ada permintaan dari Kesbangpol untuk melaksanakan sosialisasi di Kesbangpol maka BNNP wajib melayani baik itu terkait sosialisasi, edukasi terkait bahaya narkoba,” kata Sumirat saat dikonfirmasi Senin 29 November.

“Tes urine dilakukan berkat kerjasama dan atas permintaan Kesbangpol, hasilnya akan diserahkan kepada kepala badan untuk menyampaikan hasil tes,” imbuhnya.

Ia menilai langkah antisipasi yang dilakukan Kesbangpol merupakan mandat dari Inpres 02 tahun 2020 tentang rencana aksi Nasional penyalahgunaan, pemberantasan dan peredaran narkotika.

Melihat kondisi Sulbar berada di peringkat 18 dari 34 Provinsi, Sumirat berharap melalui kegiatan tersebut dapat menekan angka peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Sulbar.

“Data untuk 2021 masih menunggu, penelitian masih berjalan untuk wilayah Indonesia termasuk Sulbar, kita berharap gerakan bersama masyarakat Sulbar baik itu pemerintah provinsi maupun kabupaten, forkopimda dan seluruh instansi bersama bersatu melawan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika,” ungkapnya.

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, ASN Kesbangpol Lakukan Tes Urine
Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto, Kepala BNN Provinsi Sulbar

Apabila, pencegahan peredaran narkotika dilakukan secara serentak angka tersebut dimungkinkan bisa turun.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk lakukan pencegahan, kemudian mengajak mereka yang menjadi korban pecandu untuk mau melaksanakan rehabilitasi dengan begitu peredaran bisa ditekan,” tegasnya.

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulbar, Herdin Ismail mengatakan, tes urine menunjukkan komitmen Kesbangpol dalam melakukan pencegahan serta penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, pemberantasan peredaran narkotika harus didukung oleh komitmen setiap kepala OPD. Hal itu dinilai sebagai wujud keseriusan terhadap pemberantasan obat terlarang.

“Ini juga menjadi sampel bagi setiap orang yang ada di sekitar kita, utamanya pejabat struktural yang sering berinteraksi langsung kepada masyarakat ini sebagai bentuk sterilisasi,” tegas Herdin. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *