Kader Peduli Pemilu Dibentuk

  • Whatsapp
Kader Peduli Pemilu Dibentuk
FOTO BERSAMA. Ketua KPU Provinsi Sulbar, Rustang di tengah-tengah kader peduli Pemilu Mamuju, Selasa 9 November 2021. (IST)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengukuhkan kader desa peduli pemilu dan pemilihan (Salili). Bakal menjadi corong kampanye demokrasi sehat.

Pengukuhan ini berlangsung di Desa Tadui, Kecamatan Mamuju, Mamuju selaku pilot project pendidikan pemilih.

“Diharapkan akumulasi dari peserta berbagai unsur itu menjadi kolaborasi di manapun. Kita berharap Tadui bisa menjadi warna tersendiri, bahwa kedaulatan itu ada di tangan rakyat,” kata Ketua KPU Sulbar, Rustang, Selasa 9 November.

Masyarakat benar-benar berdaulat, jika bisa memilih berdasarkan pemahaman dan kecerdasannya, bukan karena iming-iming apalagi intervensi.

“Kenapa partisipasi perlu, karena saat masyarakat menggunakan hak pilihnya, mereka merasa bertanggung jawab, ikut mengawasi pembangunan. Satu teori mengatakan, dari desa mengepung kota. Kalau desa bagus kecamatan bagus, kalau kecamatan bagus kabupaten bagus, begitupun selanjutnya,” urai Rustang.

Melalui pengukuhan dan pembekalan, kader Program Salili diharapkan dapat memahami peran dan fungsinya dengan baik.

“Ini juga menjadi bagian dari upaya untuk merekrut calon penyelenggara pemilihan di Pemilu yang akan datang. Kader ‘Salili’ kita harapkan akan memiliki kemampuan atau kompetensi bidang kepemiluan,” tandasnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *