Pejabat Diminta Tekan Perjalanan Dinas

  • Whatsapp
Pejabat Diminta Tekan Perjalanan Dinas
ALI BAAL MASDAR, Gubernur Sulbar
Pejabat Diminta Tekan Perjalanan Dinas
MUHAMMAD IDRIS DP,
Sekprov Sulbar

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulbar diminta melakukan percepatan realisasi anggaran 2021.

Permintaan tersebut, disampaikan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, saat memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi Belanja Daerah, yang diselenggarakan secara virtual oleh BPKPD Sulbar, Selasa 23 November.

Ali Baal Masdar juga menekankan kepada seluruh perangkat OPD untuk mengurangi perjalanan dinas, terutama yang tidak berdampak langsung terhadap peningkatan belanja.

“Agar segera melakukan langkah-langkah kongkrit yang dapat meningkatkan serapan. Saya juga harapkan SKPD segera merampungkan laporan pertanggungjawaban belanja,” kata gubernur.

Selain itu, Ali Baal juga meminta Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sulbar, segera membuat daftar paket proyek yang belum diproses dalam proses pengadaan untuk ditetapkan sesegera mungkin.

Gubernur kemudian meminta kepada pihak inspektorat agar melakukan pengawasan secara ketat guna mencegah tejadinya penyimpangan-penyimpangan.

“Kepada inspektorat agar meningkatkan pengawasan belanja di akhir tahun. Beberapa hal yang juga harus menjadi perhatian yaitu kedisiplinan dan integritas kerja, juga patuh pada protokol kesehatan serta penanganan (pandemi), dan pertumbuhan ekonomi daerah yang harus bergerak maju,” urai Ali Baal.

Sementara Sekprov Sulbar, Muhammad Idris DP, mengatakan rapat koordinasi yang dilakukan merupakan langkah untuk mengecek sejumlah kemajuan-kemajuan kinerja, utamanya serapan anggaran. Lantaran masih ditemukan sejumlah OPD yang mengalami keterlambatan.

“Dari pemantauan yang ada, kita on the track, walaupun sedikit agak terkoreksi, disebabkan banyak faktor termasuk faktor bencana,” ujar Idris.

Selain itu, pihaknya telah mengevaluasi sejumlah OPD yang dinilai masih jauh dari harapan dan memiliki rapor merah.

“Tahun ini kita ingin fokus, karena kita menemukan ada 9 OPD yang harus digenjot, diperbaiki, dipercepat. Dinas rang rapornya merah, kita sudah minta untuk melakukan usaha yang maksimum karena tidak sebanding dengan capaian yang seharunya diselesaikan,” papar Sekprov.

Sejumlah dinas yang masih jauh dari harapan target realisasi, diminta untuk terus mempercepat capaian realisasi, diantaranya; Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Rumah Sakit, dan Dinas Perumahan. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *