Pemprov Raih Apresiasi Economic Recovery

  • Whatsapp
Pemprov Raih Apresiasi Economic Recovery
KHAERUDDIN ANAS , Asisten II Pemprov Sulbar

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Upaya pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi terus diupayakan. Begitu juga di Sulbar.

Bukan hanya soal Covid-19, tetapi Pemprov turut membantu melakukan penanganan pascagempa yang melanda dua kabupaten pada 15 Januari, lalu.

Asisten II Pemprov Sulbar Khaeruddin Anas mengatakan, pencapaian yang telah diperoleh saat ini menunjukkan adanya kemajuan, bahkan menuai apresiasi.

“Sulbar mendapatkan Indonesia Award 2021, sebagai provinsi dengan kategori pemulihan ekonomi di tengah pandemi dan pascagempa bumi,” kata Khaeruddin, Kamis 25 November.

Ia menjelaskan, berdasarkan data BPS, Sulbar menunjukkan tren pertumbuhan yang baik dibanding daerah-daerah lain, dengan angka 2,54 persen.

“Ini semua adalah buah kerja keras kita semua, baik instansi pemerintah bersama masyarakat,” tegasnya.

Dia melanjutkan bahwa penghargaan tersebut sekaligus menjadi cambuk bagi Pemprov bersama seluruh komponen untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulbar.

“Untuk pertumbuhan ekonomi kita, ditarget dari 5,6 sampai 6,0 dari pemerintah pusat berdasarkan pencapain makro kita,” imbuh Khaeruddin.

Hanya saja, selain pertumbuhan ekonomi, perlu juga didorong pertumbuhan pendidikan, kesehatan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Ini menjadi pekerjaan kita, untuk kita lakukan mendorong untuk bisa dicapai. Pemulihan ekonomi itu penting dan kita harapkan menjadi faktor pemicu untuk capaian lain menjadi motivasi kita,” jelasnya.

Yang terpenting menurutnya, adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diketahui, penyerahan penghargaan daerah terbaik kategori Economic Recovery pada ajang Indonesia Awards 2021 berlangsung Rabu lalu oleh salah satu stasiun televisi.

Diserahkan setelah pihak pelaksana melihat bagaimana upaya pemerintah mendorong kebijakan pemulihan ekonomi dan mitigasi dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Selain Sulbar, ada lima daerah penerima apresiasi serupa. Diantaranya; Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Jawa Barat.

Terkait penanganan bencana Pemprov, sebulan pasca bencana gempa bumi, Sulbar mendapatkan pengakuan sebagai provinsi yang layak menjadi model penanganan pengungsian. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *