Polresta Mamuju Menggenjot Vaksinasi Covid

  • Whatsapp
Polresta Mamuju Menggenjot Vaksinasi Covid
KOMBES POL ISKANDAR, Kapolresta Mamuju

MAMUJU, SULBAR EXPRESS — Melanjutkan upaya percepatan vaksinasi di Mamuju, jajaran Kepolisian Resor Kota Mamuju jalankan operasi vaksin.

Operasi vaksin berlangsung dalam Kota Mamuju. Diantaranya, Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Karema dan depan Mapolresta Mamuju sendiri.

Pengguna jalan atau warga yang belum melakukan vaksinasi diajak ke gerai vaksin yang memang telah disiapkan. Mereka kemudian menjalani pemeriksaan sebelum divaksin.

“Apa yang kami laksanakan hari ini merupakan langkah menyukseskan program nasional dengan harapan terbangunnya komunitas kesehatan di Kabupaten Mamuju,” sebut Kapolresta Mamuju, Kombes Pol Iskandar, Selasa malam, 9 November.

Dijelaskan, setelah menyisir daerah kecamatan, pihaknya memfokuskan percepatan vaksinasi covid dalam Kota Mamuju dalam rangka mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok yang kini mulai mendekati target.

“Selama ini kita lakukan di daerah-daerah (kecamatan), kini kita pusatkan di kota, termasuk sekitar Mapolresta. Kami mengimbau pengguna jalan, dan warga Kabapaten Mamuju khususnya agar yang belum divaksin mohon kiranya bisa singgah melakukan vaksinasi,” imbau Kombes Pol Iskandar.

Bagi warga yang belum menjalani vaksin tahap kedua dan memang sudah waktunya, diminta segera mendatangi gerai vaksin untuk menuntaskan vaksinasinya.

Pihak Polresta Mamuju juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga terkait manfaat vaksinasi Covid-19, sekaligus menekankan pentingnya tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dalam keseharian.

“Dan meski nantinya sudah vaksin kepada masyarakat kami harap tetap selalu memakai masker, bisa menjaga jarak, menerapkan pola hidup bersih sehingga kita semua bisa betul-betul terhindar dari berbagai penyakit, utamanya covid ini” urai Kapolresta.

Memaksimalkan operasi vaksinasi ini, kepolisian menyiapkan sekira 1.000 dosis vaksin dengan harapan bisa menjangkau sebanyak-banyaknya pengguna jalan mapun warga sekitar lokasi kegiatan.

Salah satu warga yang telah menerima suntikan vaksin, Muh Ashar mengaku cukup terbantu dengan adanya gerai vaksin Polri yang selalu siap melayani setiap harinya.
“Pas setelah disuntik, bagian lengan agak keram dan berat. Setelah beberapa saat, sudah mulai ringan dan normal. Alhamdulillah efeknya tidak seperti yang dikhawatirkan. Aman,” sebut Ashar warga Karema, Mamuju.

Ia pun menilai vaksin yang ada saat ini layak digunakan dan meminta warga lainnya agar tak ragu melakukan vaksinasi Covid-19. “Apalagi kan sudah ada label halalnya,” singkat Ashar sambil tersenyum.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, capaian vaksin per 7 November di provinsi ke-33 ini, baru menyentuh 438.969 orang atau 40,30 persen untuk dosis I. Sedang dosis II sebanyak 234.658 jiwa (21,54 persen).

Sementara di Kabupaten Mamuju, total sasaran vaksinasi sebanyak 211.371 orang dengan capaian dosis I 95.368 jiwa atau 45,12 persen dan dosis II baru menyasar 44.040 jiwa atau 20,84 persen.

Terkait vaksinasi di area Mapolresta Mamuju, Kabag OPS Polresta Mamuju, AKP Ringan Hadi Negara mengatakan, agenda ini sebagai upaya memaksimalkan vaksinasi Mamuju yang masih berada di bawah 50 persen.

Karenanya, percepatan vaksinasi masih jadi perhatia utama pihaknya sekaligus mendukung Satgas Penanganan Covid-19 Mamuju yang menargetkan capaian vaksinasi 70 persen di tahun ini. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *