Proprov 2022, Pemprov Dukung Persiapan Infrastruktur

  • Whatsapp
Proprov 2022, Pemprov Dukung Persiapan Infrastruktur
KOORDINASI. Gubernur dan Bupati Mamuju membincang persiapan Porprov Sulbar 2022, Minggu 21 November 2021. (IST)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Kabupaten Mamuju telah ditetapkan sebagai Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulbar 2022. Pemprov berjanji maksimalkab dukungan.

Hanya saja karena pandemi dan refocusing sehingga pelaksanaan dan persiapan harus terhambat. Ditambah gempa 6,2 magnitudo, pada 15 Januari lalu.

Kondisi tersebut membuat ratusan infrastruktur di Mamuju rusak, khususnya sarana dan prasaran olahraga yang kini dalam proses perbaikan.

Hal itu diungkapkan Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi saat bertemu Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Minggu 21 November. “Memang kendalanya kami itu sarana dan prasarana olahraga, 80 persen terdampak,” kata Sutinah.

Mendapat sejumlah kendala, Sutinah tetap optimis Mamuju bisa melaksakan Porprov. Tentunya dengan dukungan berbagai pihak, baik dari Pemprov Sulbar, termasuk dukungan sejumlah kabupaten.

“Pada intinya kabupaten Mamuju siap untuk melaksanakan sebagai tuan rumah proprov 2022.,” ujar Sutinah.

Diketahui, masing masing Pemda saat ini sedang merumuskan APBD 2022. Itu menjadi kesempatan untuk memetakan porsi anggaran mendukung Porprov 2022 mendatang. Pemkab Mamuju sendiri telah merencakan anggaran sekira Rp 7 miliar.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar pun siap mendukung pelaksanaan Porprov 2022. “Untuk itulah kita mengundang pemkab Mamuju untuk membicarakan terkait kesiapan. Kita ingin kendala yang dihadapi menjadi tanggungan bersama,” ungkap Ali Baal.

Pemprov bakal membackup anggaran untuk Porprov di Mamuju melalui BKK (bantuan keuangan khusus) ke Pemkab Mamuju.

BERHARAP
BERKOMITMEN

Terpisah Ketua DPRD Sulbar, Sitti Suraidah Suhardi bakal mendukung pelaksanaan Proprov, dan soal anggaran sementara dibahas dalam Banggar, sedang memproyeksikan beberapa program prioritas 2022 mendatang.

“Termasuk yang kita alokasikan untuk Porprov,” tuturnya.

Anggota DPRD Sulbar, Sukri Umar mengharapkan Pemprov menunjukkan komitmen membantu Mamuju untuk menyukseskan Porprov 2022.

“Kita pasti mendukung, anggaran yang direncanakan itu sekira Rp 13 miliar, semoga itu ditepati,” sebut Sukri.

Diketahui, Rp 13 Miliar tersebut dirincikan ke beberapa bagian, yakni 10 Miliar dialokasikan dalam BKK ke Pemkab Mamuju khusus mendukung perbaikan sarana dan prasarana.

Sementara Rp 3,6 miliar dialokasikan ke KONI Sulbar demi kelancaran Porprov 2022. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *