Safaruddin Minta Program Prioritas Dilanjutkan

  • Whatsapp
Safaruddin Minta Program Prioritas Dilanjutkan
SERAH TERIMA. Safaruddin Sanusi DM (kiri) melakukan serah terima aset kepada Plt Kadis Kominfo Sulbar Mustari Mula. Senin, 8 November 2021. (FOTO: IDRUS IPENK )

Safaruddin Minta Program Prioritas Dilanjutkan

“…Alhamdulillah di 2020-2021 sudah menuju informatif. Sisa satu langkah lagi, semoga kawan-kawan di tahun 2022 nanti bisa informatif”

SAFARUDDIN SANUSI DM
((( Kadis Kominfo Sulbar ))

 

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik, Sulbar telah meraih sejumlah pencapaian. Utamanya terkait transparansi publik.

Diskominfo saat berada dibawah kepemimpinan Safaruddin Sanusi DM telah mendapat apresiasi nasional keterbukaan informasi, yang ditunjang oleh PPID. Dua tahun beruntun.

Sejalan dengan pencapaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Sulbar yang telah diakselerasi dan progresnya terus menanjak. Terakhir menggandeng salah satu universitas kenamaan Indonesia untuk memacu digitalisasi layanan di Sulbar, sesuai Peraturan Presiden 95/ 2018 tentang SPBE.

Harapan agar geliat Diskominfo semakin agresif disampaikan Safaruddin Sanusi yang kini pindah tugas ke Balitbangda Sulbar. Menurutnya, pergeseran adalah bagian dari dinamika pemerintahan.

“Mutasi dan rotasi dalam sebuah pemerintahan merupakan hal yang lazim ditemukan, itu sebagai bentuk penyegaran disetiap OPD,” kata Safaruddin usai melakukan serah terima aset kepada Sekretaris Diskominfo Sulbar, Mustari Mula, Senin 8 November.

Safaruddin mengatakan dirinya telah mendapat kepercayaan dari Gubernur menempati posisi yang baru di Balitbangda Provinsi Sulbar. Dirinnya berharap bisa menyesuaikan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.

Mengabdi di Pemprov Sulbar, Safaruddin pernah menjabat sekira delapan tahun di Biro Umum, Berangkat sebagai Kasubag, Kepala Bagian dan menjadi Kepala Biro Umum.

Kemudian dirotasi ke Ekbang menjabat selama hampir dua tahun, setelah itu satu tahun menjadi Sekertaris Dewan lalu ditugaskan menjadi Kadiskominfo Sulbar sekira satu tahun.

Berbagai pencapaian telah diraih Safaruddin Sanusi bersama staf dan jajarannya di Dinas Kominfo Sulbar.

Ada empat program nasional yang menjadi fokus di Kominfo Sulbar dan akan dilanjutkan oleh Sekertaris Dinas sebagai pelaksana sementara. Pertama terkait SPBE, dari progres terkahir melakukan kerja sama dengan UGM, terkait kelanjutan arsitektur untuk 2022.

“SPBE kita di Sulbar untuk 2021 menarget 2,22 dari sebelumnya 1,64. Melalui SPBE pola kerja kedepan sudah modern tidak lagi manual. Kemudian Perpres 39 tahun 2019 terkait satu data data sektoral, semua OPD sudah kita perbaiki kita buka webnya Pemprov. Webnya Kominfo semua data ada disitu. Tim satu data itu, melibatkan semua OPD,” paparnya.

Diskominfo juga telah mendapat penghargaan keterbukaan informasi, yang ditunjang oleh PPID.

“Di 2019 kita belum masuk informatif, dari lima kriteria kita tidak masuk kategori informatif dan Alhamdulillah di 2020-2021 sudah menuju informatif. Sisa satu langkah lagi, semoga kawan-kawan di tahun 2022 nanti bisa informatif,” harap Safaruddin.

Selain itu, dirinya telah memberikan pengaman data dan jaringan kepada seluruh OPD Pemprov, mengantisipasi adanya serangan Siber. Itu dilakukan agar data Pemprov tidak mudah dilakukan penyadapan.

Setelah melakukan penandatangan dan penyerahan aset, ia menuturkan kebersamaan dan persaudaraan di Diskominfo harus tetap terjalin.

Safaruddin pun, menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam mendukung pemerintah Sulbar menyampaikan informasi kepada masyarakat. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *