Terminal Baru Bandara Batal Beroperasi Tahun Ini

  • Whatsapp
Terminal Baru Bandara Batal Beroperasi Tahun Ini
FOTO: DISHUB SULBAR FOR SULBAR EXPRESS BELUM DIFUNGSIKAN. Kondisi gedung terminal baru Bandar Udara Tampa Padang Mamuju.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Terminal baru Bandar Udara Tampa Padang Mamuju belum juga difungsikan. Terkendala pembebasan lahan akses masuk Bandara.

Pemprov Sulbar belum dapat menuntaskan pengembangan Bandara di Ibu Kota provinsi ini. Masih berkutat pada persoalan lahan yang memang kerap jadi kendala utama dalam pengembangan infrastruktur daerah.

Terminal baru Tampa Padang mulai dikerjakan sejak 2017 dengan pagu anggaran senilai Rp 112 miliar. Awalnya diproyeksi beroperasi mulai Oktober tahun ini. Sayang tak sesuai espektasi.

Padahal, sejumlah fasilitas sarana dan prasaran di Bandara terlihat sudah siap dioperasikan. Mulai dari ruang tunggu penumpang sampai ruang pemberangkatan.
Titik lain, seperti landasan pacu atau runway pun dinilai telah memadai. Tersisa akses. Jalan masuk yang masih menunggu perampungan secara keseluruhan.
Demikian diutarakan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat, Maddareski Salatin saat dikonfirmasi pada Minggu 31 Oktober.

Terminal Baru Bandara Batal Beroperasi Tahun Ini
MADDARESKI SALATIN
(Kadis Perhubungan Sulbar)

“Terminal Bandara Tampa Padang itu bisa difungsikan paling tahun depan,” beber Maddareski.

Ia mengungkapkan, pemerintah sebelumnya merencanakan mulai Oktober, tetapi sejumlah kendala kerap jadi penghambat sehingga belum bisa beroperasi.
“Sekarang sudah terkomunikasi kebutuhan tanah di jalan masuk dengan Dinas Pemukiman. Saya pikir tidak ada masalah, sisa kesediaan anggaran tahun depan,” kata dia.

Menurutnya, dari dua kilometer jalan yang ada saat ini tersisa sekira satu kilometer yang masih dalam proses penyelesaian. “Yang mau dibebaskan sudah tidak terlalu banyak,” tegas Maddareski.

Selain karena persoalan tanah, pandemi Covid-19 menjadi alasan pemerintah hingga terminal baru Bandara Tampa Padang Mamuju belum difungsikan.
Maddareski menambahkan, sarana dan prasarana penunjang lainnya juga sisa menunggu finishing yang diharap bisa tuntas secepatnya.

“Kalau bisa terselesaikan proses administrasinya tahun ini, bisa ditargetkan kalau bukan Maret ya April kita bisa digunakan. Semoga pandemi juga tidak berlanjut,” tandasnya.

Di lain sisi, Ketua DPRD Provinsi Sulbar, St. Suraidah Suhardi menyayangkan belum beroperasinya Bandara yang gadang-gadang menjadi bandara internasional di Sulbar tersebut.

Ia pun mendesak, kepada pihak pelaksana agar segera menyelesaikan permasalah yang ada. Utamanya mengenai pembebasan lahan akses jalan masuk bandara.

“Saya menyampaikan kepada pelaksana agar menyelesaikan segera, agar Bandara ini bisa beroperasi segera,” tandasnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *