Timsel KPID Godok 46 Nama

  • Whatsapp
Timsel KPID Godok 46 Nama
Muliadi Harli (Ketua Timsel KPID Sulbar) dan April Azhari (Sekretaris Timsel KPID Sulbar)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pencaftaran calon komisioner KPID Sulbar sudah berakhir, kemarin. Tim Seleksi (Timsel) kini menelusuri kelengkapan 46 pendaftar.

Timsel calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat periode 2021-2024 memutuskan menutup masa pemasukan berkas. Terdapat 46 orang yang ditetapkan sebagai pendaftar.

“Ini berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, dimana data terakhir kami catat ada 46 orang yang mendaftar,” kata Sekretaris Timsel KPID Sulbar, April Azhari saat dikonfirmasi, Kamis 25 November.

Ia menjelaskan, agenda selanjutnya akan dilakukan pengecekan berkas administrasi dari masing-masing pendaftar.

“Tim akan melakukan seleksi berkas adminstrasi. Insyaallah tidak akan ada yang terlewatkan. Setelah itu tanggal 30 akan diumumkan ke masyarakat,” papar April.

Menyusul tahapan selanjutnya, Timsel akan melakukan tes tertulis bagi pendaftar yang dinilai memenuhi syarat.

“Kemudian lanjutannya akan ada sesi wawancara dan tes psikologi. Tahapan-tahapan ini sudah sesuai ketentan dan berdasarkan kesepakatan yang telah ditetapkan secara musyawarah,” imbuhnya.

April yang juga pernah menjabat ketua KPID Sulbar berharap, para peserta dapat mengikuti seluruh tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan.

“Harus ikut sesuai jadwal, mulai tertulis wawancara dan psikotes. Jelasnya, semua tidak keluar dari pembahasan terkait penyiaran, para peserta harus menguasai materi-materi penyiaran,” urainya.

Setelah seluruh proses tes diselesaikan, seleksi selanjutnya adalah fit and proper test yang akan dilakukan di tingkat Komisi I DPRD Sulbar.

“Insyaallah setelah seluruh tahapan di tingkat Timsel bisa kita tuntaskan sesuai jadwal di tahun ini,” tandas April.

Mendukung kelancaran metode dan teknis seleksi, Timsel yang terdiri dari lima personel telah melakukan serangkaian studi banding di beberapa KPID. Termasuk ke KPI di Jakarta.

Terakhir, mereka menyambangi KPID Sulsel dan mendapat masukan bahwa saat melakukan penjaringan, Timsel KPID Sulsel tidak kaku menerapkan PKPI Nomor: 01/P/KPI/07/2014 terkait kandidat incumbent.

Bagi para incumbent saat itu, wajib mengikuti seluruh tahapan seleksi sebagaimana perlakuan terhadap peserta seleksi non-incumbent. Selain itu, keterwakilan perempuan juga menjadi masukan bagi Timsel KPID di Sulbar.

Selain berkonsultasi dengan KPID Sulsel, Timsel KPID Sulbar bersama rombongan Komisi I DPRD Sulbar berkoordinasi dengan tim psikologi di Makassar. Utamanya untuk urusan penjajakan sistem dan metode psikotest nantinya.

Menurut Ketua Timsel Calon Komisioner KPID Sulbar, Muliadi Harli, pihaknya telah menerima beragam informasi dan saran yang telah memperkaya pemahaman personel Timsel yang juga diisi; Rahmat Idrus; M. Syariat Tajuddin; dan Ika Lisrayani.

“Sudah banyak sekali masukan terkait mekanisme dan dinamika seleksi calon anggota KPID dari beberapa tempat yang memang telah berjalan sesuai prosedur,” ujarnya.

Ia pun memastikan seluruh rangkaian penjaringan akan berjalan sesuai koridor aturan terkait dan menjamin pihaknya akan berlaku profesional dan berintegritas dalam setiap tahapan seleksi. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *