Wagub Enny: Penanganan Pungli Harus Hadirkan Efek Jera

  • Whatsapp
Wagub Enny: Penanganan Pungli Harus Hadirkan Efek Jera
Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeny Anwar

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Sektor pelayanan publik tanpa pungutan liar (Pungli) menjadi perhatian serius Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar.

Menurut Enny, mewujudkan Sulbar yang bebas Pungli butuh sinergitas dan kesungguhan dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeny Anwar, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) bagi penyelenggara pemerintahan daerah, Senin lalu.

Perpres 87 Tahun 2016 tentang Satgas Pungli, kata Wagub, merupakan upaya melaksanakan reformasi di bidang hukum dalam bentuk pembangunan pemerintahan yang bersih, jujur dan adil.

Pemprov pun terus mendorong agar pemberantasan terhadap pungli di setiap instansi lebih dimaksimalkan.

“Pungli merusak sendi kehidupan, berbangsa dan bernegara. Mengakibatkan ekonomi biaya tinggi, menghambat pembangunan, merugikan masyarakat dan menurunnya kepercayaan terhadap pemerintah, sehingga pemberantasannya harus tegas, terpadu, efektif dan efisien dan mampu menimbulkan efek jera,” urai Enny, di Hotel d’Maleo Makassar.

Ia menekankan, pada 2022 upaya pencegahan harus lebih diintensifkan, tidak hanya melalui sosialisasi tetapi perlu tindakan represif, mendorong seluruh pelayanan publik untuk berjalan sesuai perundang-undangan.

Melalui Rakor ini, Enny berharap tercipta sinergitas antara Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Sulbar dengan kabupaten, dalam rangka pelaksanaan tugas dan program kerja Satgas Saber Pungli di Bumi Malaqbi.

“Hal tersebut sebagai bentuk perwujudan tata kelola pemerintahan bersih dan akuntabel dalam menjalankan tugas maupun program kerja kedepannya,” tegas Wagub. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *