BPJS Perkuat Digitalisasi di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
BPJS Perkuat Digitalisasi di Tengah Pandemi
Kepala Bidang SDMUKT BPJS Mamuju, Adnan bersama pengurus serta Anggota PWI Sulbar di Warkop 89 Mamuju, Senin 6 Desember 2021. (IDRUS IPENK)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terus berupaya memberi kemudahan bagi peserta program JKN-Kartu Indonesia Sehat untuk mengakses kebutuhan kesehatan melalui pelayanan digital.

Diantaranya dengan menerapkan aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) hingga Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp Pandawa.

Kepala Bidang SDMUKT BPJS Mamuju, Adnan mengatakan layanan digital dari BPJS Kesehatan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus kepesertaan JKN-KIS.

“Melalui aplikasi tersebut peserta bisa melakukan berbagai layanan tanpa mengunjungi langsung kantor BPJS Kesehatan,” kata Adnan dalam coffee morning bersama pengurus PWI Sulbar di Warkop 89 Mamuju, Senin 6 Desember.

Itu dinilai tepat di tengah kondisi pandemi covid yang masih mengancam saat ini. Melalui aplikasi tersebut, diharap menghindarkan kontak langsung antara petugas layanan BPJS kesehatan dengan calon peserta untuk mencegah virus corona.

Sementara Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Mamuju, Putu Ary Wintara menjelaskan bahwa BPJS terus melakukan inovasi sebagai bentuk perbaikan layanan kepada para konsumen.

“Kami dari BPJS harus terus berinovasi. Itu juga karena jumlah kepesertaan di tengah pandemi semakin meningkat,” paparnya.

Putu menjelaskan, upaya BPJS meningkatkan layanan berbasis digital terus dimaksimalkan, termasuk melalui layanan Pandawa yang bisa diakses melalui WhatsApp.

Selain untuk pendaftaran baru, juga bisa melakukan penambahan anggota keluarga, ubah jenis kepesertaan, ubah faskes, ubah data identitas hingga daftar bayi yang baru lahir.

“Layanan di kantor cabang itu kami alihkan ke WA, termasuk kepada peserta PBI dan pensiunan,” jelasnya.

Mobile JKN ini merupakan platform unggulan BPJS dalam rangka memberikan kemudahan kepada peserta BPJS. “Pengaduan informasi juga bisa dilakukan melalui mobile JKN,” tegas Putu Ary.

Sementara Ketua Dewan Kehormatan PWI Sulbar, Sulaeman mengapresiasi layanan yang diluncurkan BPJS di tengah ketidakpastian kondisi saat ini karena wabah corona.

Menurutnya, media merupakan mitra BPJS yang bisa terus bersinergi menjadi corong informasi berbagai kemudahan layanan bagi masyarakat. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *