Calon Terpilih Harus Berkualitas

  • Whatsapp
Calon Terpilih Harus Berkualitas
Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi saat membuka seleksi uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon komisioner KPID Sulbar di kantor sementara DPRD Sulbar, Senin 27 Desember 2021. (FOTO: IDRIS)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Seluruh peserta, hadir dalam tahap akhir seleksi calon komisioner KPID Sulbar. Kandidat terpilih diharap berkualitas.

Tercatat 21 calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Barat telah menyatakan kesiapan mengikuti fit and proper test. Ditunjukkan saat mereka hadir dalam pencabutan nomor urut tes, kemarin.

Fase krusial ini berlangsung di Komisi I DPRD Sulbar dan dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan, St Suraidah Suhardi pada Senin 27 Desember.

Suraidah mengatakan perjalanan peserta dan jajaran tim yang melakukan seleksi penjaringan patut diapresiasi. Lantaran bukan hal yang mudah melakukan penjaringan dan mengurai peserta yang layak menjadi komisioner nantinya.

“Sebab KPID merupakan wadah yang diharap bisa melahirkan gagasan yang dapat membantu penyiaran di Sulbar,” kata Suraidah saat pembukaan fit and proper test, kemarin.

Politisi Demokrat ini menekankan, agar calon komisioner nantinya mampu menghadirkan ide dan gagasan yang mampu mencerdasakan publik. Harus berkualitas.

“Siapapun yang akan terpilih itu adalah yang terbaik. Lembaga DPRD ini kita percaya teman-teman yang melakukan penjaringan adalah orang-orang pilihan tanpa intervensi apapun,” imbuh Suraidah.

Calon Terpilih Harus Berkualitas
PESERTA seleksi Anggota KPID mengikuti rangkaian fit and proper test. (Foto: Idris)

Sebelum mengikuti tes yang dijadwal berlangsung hingga dua hari, peserta melakukan pengundian nomor urut dan penandatangan komitmen menerima keputusan dari komisi I.

Komisi I DPRD Sulbar nantinya akan memutuskan tujuh nama sebagai komisioner KPID terpilih periode 2022-2025.

Di tempat sama, Asisten II Pemprov Sulbar, Khaeruddin Anas mengatakan, fit and proper test calon komisioner KPID Sulbar menjadi bagian penting dalam penjaringan dan berharap calon terpilih nantinya betul-betul menjalankan tugas dengan baik.

“Kita tentu berharap calon nantinya mereka yang mampu membangun sinergitas bersama pemerintah. Dibutuhkan orang yang mampu secara SDM dan kualifikasi serta kapabilitas dan bertanggung jawab,” ucapnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Sulbar, Samsul Samad berharap seluruh peserta memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Masing-masing kandidat diberikan 30 menit untuk berinteraksi, memaparkan visi, kualitas diri dan komitmen di hadapan pimpinan dan anggota Komisi I.

Legislator Komisi I DPRD Sulbar, Syahrir Hamdani mengungkapkan siapapun nanti yang akan terpilih merupakan figur terbaik yang dianggap layak menjadi komisioner KPID.

“Yang belum mendapatkan kesempatan mengurus daerah harus mampu menerima itu,” tandasnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *