Diknas Sulbar: Terpenuhi, Herd Immunity di Sekolah

  • Whatsapp
Diknas Sulbar: Terpenuhi, Herd Immunity di Sekolah
Peserta didik di Mamuju menerima suntikan vaksin dari anggota tim vaksinator, dalam rangka mendukung pemenuhan herd immunity di Sulbar. (foto: IDRUS IPENK)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Dinas pendidikan Provinsi Sulawesi Barat terus mengoptimalkan pemenuhan herd immunity atau kekebalan kelompok melalui vaksinasi covid.

Diantaranya dengan mensupport pemerintah kabupaten untuk menggenjot vaksinasi di sekolah-sekolah Hingga kini, vaksinasi bagi siswa dan guru di Sulbar telah menyentuh angka 80 persen dari target.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Sulbar, Prof. Gufran Darma Dirawan, Senin 13 Desember.

Menurutnya capaian vaksinasi siswa dan guru masih harus digenjot, agar lingkungan sekolah betul-betul memiliki pertahanan kuat terhadap ancaman penularan virus covid.

“Khusus sekolah setingkat Menengah Atas (SMA sederajat) di Sulbar bisa dibilang sudah mencapai target herd immunity. Lingkup sekolah sudah aman, Sulbar juga termasuk yang tertinggi,” jelas Prof Gufran, kemarin.

Pihaknya memang mengencangkan vaksinasi Covid-19 sebelum Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diberlakukan. Itu sebagai komitmen mewujudkan kekebalan kelompok di lingkup Sekolah.

Sehingga guru maupun peserta didik merasa lebih aman dalam proses belajar mengajar.

“Saat ini PTM sudah berjalan dengan baik, apalagi dengan turunnya angka kasus Covid-19, aktivitas di sekolah sudah mulai longgar,” katanya.

Meski begitu, ia tetap mengimbau agar penerapan protokol kesehatan (Prokes) bisa tetap maksimal, baik di dalam maupun luar sekolah.

Sementara mengenai natal dan tahun baru, ia mengatakan proses pembelajaran akan tetap berjalan seperti biasanya.

“Itu sesuai surat edaran Mendikbud siswa tetap bersekolah, tidak ada libur, hanya saja protokol kesehatan akan diperketat,” ujarnya.

Salah satu orang tua siswa, Dahlan mengatakan bahwa setahun lebih anaknya harus belajar di rumah karena pandemi. Karenanya ia pun mengapresiasi Disdikbud Sulbar yang sudah memberlakukan PTM dan menjamin keamanan siswa terhadap ancaman terpapar Covid-19.

“Kita tidak khawatir lagi kalau anak-anak di sekolah karena rata rata sudah divaksin, jadi risiko terpapar Covid-19 itu kecil,” tandasnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *