Jamin Netralitas di Pilkades Beru-beru

  • Whatsapp
Jamin Netralitas di Pilkades Beru-beru
Pjs Kades Beru-beru, A. Rachim P.

SULBAR EKSPRESS — Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Mamuju kini tengah berproses.

Pemerintah daerah menetapkan Pilkades pada tanggal 22 Desember mendatang. Dilakukan serentak pada 48 desa se Kabupaten Mamuju. Salah satunya di Desa Beru-beru, Kecamatan Kalukku.

Pejabat sementara (Pjs) Kepala desa (Kades) Beru-beru, Andi Rachim Patta berkomitmen tetap menjaga netralitas dan kondusifitas dalam mengawal dan menyukseskan Pilkades di wilayahnya.

“Sebagai aparatur pemerintahan beserta jajaran desa Beru-beru dengan seyakin-yakinnya akan mengawal Pilkades sesuai aturan Permendagri dan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur soal Pilkades,” ujarnya di Mamuju, Rabu 8 Desember.

Perbup dimaksud adalah Nomor 20 tahun 2021 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pengangkatan Kepala Desa yang merupakan perubahan dari Perbup nomor 27 Tahun 2017 Tata Cara Pemilihan dan Pengangkatan Kepala Desa.

Rahim menegaskan bahwa setiap perangkat desa, para kepala dusun, serta panitia Pilkades tidak boleh berpihak kepada salah satu calon. “Harus jujur dan adil menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, tanpa memihak apalagi mendukung salah satu calon,” paparnya.

Apabila terbukti memberikan dukungan, pihaknya tak akan segan memproses sesuai peraturan yang berlaku.

“Sesuai instruksi pimpinan, dari bupati maupun kepala DPMD Mamuju, kami memang ditugaskan melaksanakan Pilkades yang berkualitas,” tegas Rahim.

Sementara ini pihaknya terus memantapkan persiapan dari berbagai hal. Semua dipertimbangkan dengan baik, utamanya dalam hal pencegahan hal-hal yang tak diinginkan
“Kami melihat suasana menuju hari pemilihan di Beru-beru hingga hari ini masih tergolong kondusif. Kami berterima kasih kepada semua pihak terkait, utamanya panitia Pilkades atas semangat yang sudah ditunjukkan sejauh ini,” imbuh Rahim.

Pihaknya mengimbau baik kepada calon kades, timses, perangkat terkait dan warga agar tetap menjaga kondusifitas desa. Selain itu, meminta agar membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan.

“Karena saat ini kita semua masih dalam upaya menekan pandemi, Covid-19, sehingga nanti ketika pelaksanaan Pilkades, segala Prokes dapat dilakukan dengan baik,” ujarnya. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *