Masyarakat Desa Bonde Diharap Jadi Peserta BPJamsostek

  • Whatsapp
Masyarakat Desa Bonde Diharap Jadi Peserta BPJamsostek

MAJENE, SULBAREXPRESS.CO.ID – BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek), merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi.

Dengan tanggungjawab ini, BPJamsostek Majene melakukan sosialisasi kepada warga Desa Bonde Kecamatan Pamboang tentang pentingnya program Jamsostek, di Cafe BUMDes Ambunna To Luaor tepatnya di Dermaga Tipalayo Desa Bonde.

“Hal ini, dilakukan melihat dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir terdapat kasus kematian dan kecelakaan kerja di wilayah ini,” sebut Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Majene Hamrul Ilyas, Senin 13 Desember.

Menurut Hamrul, dengan sejumlah kejadian ini, maka pihak BPJamsostek sebagai penyelenggara program, yaitu Jaminan Sosial Tenaga Kerja, merasa berkewajiban untuk menyampaikan sejumlah manfaat program, seperti program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JK).

“Kita tidak bisa membayangkan bagaimana ahli waris yang ditinggalkan tentu butuh pemenuhan kebutuhan, dengan meninggalnya tulang punggung keluarga akan menimbulkan kemiskinan baru di daerah ini,” ujarnya.

Saat ini lanjut Hamrul, sudah terdapat Peraturan Pemerintah (Perda) Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Kewajiban Kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Majene.

“Kami sangat membutuhkan dukungan dari Pemerintah sebagai pemegang otoritas untuk penerapannya. Kami sebagai Badan Penyelenggara tentu akan tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bersinergi dengan pemerintah daerah,” paparnya.

Ia berharap, semoga ke depan Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan penganggaran untuk pekerja rentan, atau kurang mampu sesuai Amanat Perda Kabupaten Majene, sebagai tindak lanjut terhadap Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 dan Undang-undang Nomor 24 tahun 2011.

Hadir dalam sosialisasi, Kepala Desa Bonde Awaluddin, tokoh Agama, tokoh masyarakat, serta ratusan masyarakat Desa Bonde.(hfd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *