Pemilih Pilkades Wajib Vaksin Covid

  • Whatsapp
Pemilih Pilkades Wajib Vaksin Covid
ST. SUTINAH SUHARDI, Bupati Mamuju

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Sebanyak 48 desa di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat akan melaksanakan Pilkades serentak pada 22 Desember mendatang.

Semua pemilih di desa yang melaksanakan pilkades diwajibkan untuk Vaksin Covid-19 agar dapat menyalurkan suaranya.

Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi mengatakan, wajib vaksin diterapkan untuk menjamin berlangsungnya Pilkades yang aman dari penyebaran Covid-19.

Peraturan itu sudah ia tuangkan dalam surat edaran yang ditujukan kepada seluruh panitia Pilkades dan pada 6 Desember 2021, lalu.

“Semua masyarakat memiliki hak dan kewajiban untuk berpartisipasi memberikan hak suaranya. Tentu dengan ketentuan memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan, salah satu syaratnya sudah divaksin,” jelas Sutinah, Senin 13 Desember.

Wajib vaksin sebelum Pilkades, kata bupati, juga merujuk Peraturan Presiden Nomor 14 tahun 2021 tentang pengadaan vaksinasi dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

Begitu dalam Peraturan Mendagri Nomor 72 tahun 2020 tentang perubahan Peraturan Mendagri Nomor 112 tahun 2014 tentang pilkades.

“Begitu juga dengan beberapa Perda dan Perbup tentang tata cara pemilihan dan pengangkatan kepala desa,” jelas Sutinah.

Bupati menambahkan, nantinya di setiap tempat pemungutan suara (TPS) akan ada posko yang bisa melayani masyarakat belum vaksin untuk divaksin.

Bagi warga yang tidak dapat divaksin tapi ingin menyalurkan suaranya bisa menunjukkan surat tidak layak vaksin dari dokter yang berkompeten.

“Jadi, saat ini hingga sebelum pelaksanaan Pilkades, kita akan prioritaskan masyarakat di desa yang akan mengikuti Pilkades untuk divaksin,” kata Sutinah.

“Mari kita bersama-sama melawan pendemi Covid-19 ini agar segera berakhir dengan ikut vaksin,” imbuh bupati Mamuju, menambahkan. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *