Petani Desa Banua Sendana Tanam Bibit Kopi Robusta

  • Whatsapp
Petani Desa Banua Sendana Tanam Bibit Kopi Robusta
FOTO BERSAMA. Bupati Majene Andi Achmad Syukri foto bersama setelah kegiatan PHI ke-93, di Gedung Assamalewuang Majene, Rabu 22 Desember 2021.

MAJENE, SULBAREXPRESS.CO.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Banua Sendana Kecamatan Sendana menyalurkan ribuan bibit kopi Robusta varietas lokal kepada para petani di wilayahnya.

Kepala Desa Banua Sendana Ruslan Said menjelaskan, penyaluran bibit kopi Robusta dilakukan pada Oktober lalu telah menemui titik terang di lapangan.

“Artinya, bibit kopi ini, sudah tumbuh dengan sehat dan menjanjikan, selain perawatan yang baik juga terus melakukan perawatan bibit sehingga tumbuh dengan baik,” ulas Ruslan Said, Rabu 22 Desember.

Ia menyebut, pemberian bantuan ribuan bibit kopi Robusta kepada para petani, di laksanakan di Aula Kantor Desa Banua Sendana. “Bibit kopi Robusta ini disalurkan sebanyak 14.000 bibit, dengan kesiapan lahan seluas 10 hektar di setiap Dusun di wilayah Desa Banua Sendana,” jelasnya.

Ia menguraikan, dari kesediaan 10 hektar lahan akan ditanam sebanyak 20.000 bibit Robusta. “Bibit kopi Robusta ini berasal dari Kabupaten Polman yang sudah teruji dan bersertifikat. Jadi kami bekerja sama dengan PT Sari, mulai penanaman sampai panen karena pemasaran hasil panen akan ditangani pihak PT Sari sebagai kontrak kerja dengan Pemdes Banua Sendana,” ujarnya.

Ia mengaku, prospek lahan di Desa Banua Sendana sangat cocok dengan penanaman bibit kopi Robusta kepada petani diberikan supaya dipelihara dengan baik agar tumbuh dan bisa menghasilkan untuk ketahanan pangan, juga sebagai bentuk kepedulian kepada petani untuk peningkatan pendapatan dan produksi kopi untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Ruslan Said menuturkan, bahwa dalam pengadaan bibit kopi mengunakan anggaran Dana Desa (DD) 2021. “Kita harapkan kepada warga Desa Banua, jika bibit kopi tumbuh dengan baik, tidak  menutup kemungkinan ke depan akan kita berupaya kembali menyalurkan bibit kopi,” akunya.

Ia menambahkan, jenis kopi robusta mudah tumbuh, juga batang pendek, buahnya banyak dan cocok untuk tanah di wilayah Desa Banua Sendana, yang memiliki kelembaban suhu agak dingin.

“Jika kopi jenis robusta berhasil, maka Desa Banua Sendana nantinya bisa  menjadi penghasil kopi di Daerah Majene,” pungkasnya.(hfd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *