Sinergitas Perlu Diperkuat

  • Whatsapp
Sinergitas Perlu Diperkuat
Dir Samapta Polda Sulbar, Kombes Pol Muh. Syarif Harjo Saputro bersama Kapolres Mateng, AKBP M. Zakiy mengajak warga ikut sukseskan vaksinasi, kemarin.

SULBAR EXPRESS — Herd Immunity di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) diharap terwujud dalam tahun ini. Olehnya, cakupan vaksinasi covid harus terus dipacu.

Sinergi dan kekompakan para pihak terkait akan sangat membantu mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok melalui vaksinasi Covid-19.

“Pemenuhan capaian vaksinasi harus terus ditingkatkan dengan kerja sama Polri dan pemerintah daerah, serta masyarakat,” jelas Dir Samapta Polda Sulbar, Kombes Pol Muh. Syarif Harjo Saputro saat memantau perkembangan vaksinasi di Kabupaten Mateng, Sulbar, Kamis, 16 Desember 2021.

Selaku Pamatwil Polda Sulbar, Kombes Syarif memonitor percepatan vaksinasi oleh Polres Mamuju Tengah untuk mencapai target 70 persen guna mewujudkan herd immunity hingga akhir tahun 2021.

Kemarin, ia meninjau langsung pelaksanaan program vaksinasi di Dusun Ngapaboa, Desa Topoyo, Kecamatan Topoyo.

Saat melakukan pemantauan, Kombes Syarif mengimbau masyarakat yang hadir agar turut menyukseskan program nasional ini dengan mensosialisasikan, bahwa vaksin covid ini aman dan halal. Selain itu, efektif dalam memperkuat pencegahan penularan Covid-19.

“Mari ajak saudara atau tetangga agar mengikuti vaksinasi, selain itu tetap patuhi protokol kesehatan walaupun sudah divaksin,” harap Kombes Pol. Syarif.

Ia tak lupa menyampaikan kepada petugas medis selaku vaksinator agar dalam menjalankan tugasnya tetap mengedepankan sikap humanis, pendekatan persuasif kepada warga serta mengedukasi agar masyarakat tak mudah terhasut kabar miring terkait penanganan pandemi di Mateng.

Di tempat sama, Kapolres Mamuju Tengah, AKBP Muhammad Zakiy menerangkan bahwa akselerasi vaksinasi menjadi fokus utama pihaknya disamping menjaga Kambitbmas jelang akhir tahun ini.

“Kunjungan Pamatwil Polda Sulbar dalam rangka memonitor pelaksanaan percepatan vaksinasi di Polres Mamuju Tengah, untuk mencapai target 70 persen pada akhir tahun 2021,” jelas Kapolres dalam keterangannya.

Pihaknya berharap bisa memenuhi target 70 persen dari jumlah sasaran vaksinasi di Mateng, sebanyak 103.244 jiwa.

Sampai pertengahan bulan ini, penyuntikan vaksin covid untuk dosis pertama di Mateng sudah menyentuh 60 persen, sedangkan untuk dosis kedua tercatat sebesar 36 persen.

Pencapaian target herd immunity dengan meningkatkan akselerasi vaksinasi, merupakan salah satu upaya dalam rangka menangkal segala jenis varian baru Covid-19 salah satunya adalah Omicron yang kini mulai mengancam.

Oleh sebab itu, AKBP Zakiy menekankan, pihaknya akan terus melakukan percepatan vaksinasi untuk mencapai target dan menangkal varian baru, dengan mengedepankan kerjasama atau sinergitas antar seluruh pihak terkait di daerah.

Selain akselerasi vaksinasi, kedisiplinan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari juga harus terus dilaksanakan; disiplin memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta menekan mobilitas. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *