Sulbar Sambut Pengadilan Tinggi

  • Whatsapp
Sulbar Sambut Pengadilan Tinggi
Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar menerima kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Makassar, Syahrial Sidik di Kantor Merah Putih Gubernur Kamis 16 Desember 2021. Selain gubernur, Syahrial juga bertemu Ketua DPRD Sulbar, St Suriadah Suhardi.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pembangunan Pengadilan Tinggi di provinsi ke-33 segera terealisasi, menyusul ditetapkannya UU pengadilan tinggi di beberapa daerah, termasuk Sulbar.

Wacana terkait kehadiran pengadilan tinggi Sulbar menguat dalam pertemuan Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Makassar, Syahrial Sidik bersama gubernur dan DPRD Sulbar di Mamuju.

Kedua pihak membahas kesiapan pembangunan infrastruktur peradilan tersebut di Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, pada Kamis 16 Desember.

“Kedatangan beliau (Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Makassar, Syahrial Sidik, red) mengisyaratkan kita bahwa Pengadilan Tinggi sudah harus ada di Sulbar,” kata Ali Baal.

Gubernur mengaku mendukung penuh pendirian Pengadilan Tinggi di Sulbar, menurutnya lahan yang disiapkan Pemprov seluruhnya telah diselesaikan.

Sementara Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Makassar, Syahrial Sidik mengatakan Komisi III DPR RI melalui rapat paripurna DPR RI, telah mengesahkan pendirian Pengadilan tinggi di Sulbar.

Menurutnya, dari hasil pertemuan bersama eksekutif dan legislatif Sulbar, pihaknya membincang terkait persiapan lahan yang akan di tempati untuk pembangunan nantinya.

Sulbar Sambut Pengadilan Tinggi

“Kita bahas mengenai lahan yang disiapkan pemerintah setempat yang siap bangun,” ucapnya.

Syahrial juga berharap, Mamuju bisa segera meningkatkan statusnya dari kabupaten menjadi sebuah kota sebagai penguatan.

“Diharapkan Kota Mamuju menjadi kenyataan di Provinsi Sulbar yang menjadi ikon provinsi, sehingga pengadilan negeri nantinya bisa menyebutkan nama kota-nya,” kata dia.

Di DPRD Sulbar, Syahrial Sidik diterima Ketua DPRD Sulbar, St Suraidah Suhardi bersama sejumlah anggota dewan di rumah aspirasi DPRD Sulbar.

Suraidah mengaku sangat bersyukur atas rencana kehadiran Pengadilan Tinggi Sulbar. DPRD akan selalu terbuka membangun sinergitas dengan pengadilan, begitupun, support pembangunan infrastruktur nantinya.

“Kita akan selalu siap mendorong pembangunan gedung pengadilan tinggi,” tegas Suraidah.

Ia menjelaskan, rencana pembangunan tersebut telah dibahas DPRD bersama Pemprov termasuk dana bantuan yang akan dialokasikan nantinya.

“Soal supportnya sudah disepakati adanya bantuan dana hibah dari Pemprov terkait pembangunan gedung pengadilan tinggi,” ujarnya.

Ia berharap, kehadiran Pengadilan Tinggi Sulbar dapat memberikan kepastian hukum bagi semua kalangan yang membutuhkan. Dengan demikian, semua wilayah Sulbar bisa ditangani dengan baik sesuai undang-undang.

“Jadi keputusan pengadilan tidak mesti lagi ke Makassar, namun sudah bisa di Sulbar,” tandasnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *