Timsel KPID Sulbar Umumkan Hasil Seleksi Administrasi, Uji Kompetensi Dimulai

  • Whatsapp
Timsel KPID Sulbar Umumkan Hasil Seleksi Administrasi, Uji Kompetensi Dimulai
Muliadi Harli, Rahmat Idrus, April Ashari Hardi

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Seleksi Calon Komisioner KPID Sulbar memasuki tahap uji kompetensi dengan 45 peserta yang dinyatakan lulus administrasi. Tes lanjutan terjadwal mulai 2 Desember, besok.

Tim seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Penyiran Indonesia Daerah (KPID) Sulbar telah merilis nama-nama yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, Selasa 30 November. Tertuang di dalam surat keputusan bernomor 4 tahun 2021.

Menunjukkan bahwa satu tahapan seleksi telah tuntas, dan selanjutnya berlanjut ke fase uji kompetensi yang meliputi tes tertulis, wawancara dan psikologi.

“Setelah keluarnya pengumuman hasil verifikasi berkas calon komisioner KPID Sulbar periode 2022-2025, seleksi berikutnya adalah tes tertulis, wawancara dan tes psikologi,” papar Ketua Timsel KPID Sulbar, Muliadi Harli, Selasa 30 November 2021.

Muliadi yang berharap, semua peserta kembali mengikuti tahapan selanjutnya, karena semua tahapan, utamanya uji kompetensi akan terakumulasi dan menjadi penentu untuk lanjut ke tahap uji kelayakan dan kepatutan di DPRD Sulbar nantinya.

“Harapan Timsel bagi calon anggota KPID yang dinyatakan lulus seleksi administrasi selanjutnya adalah, agar semua semua peserta seleksi Komisioner KPID Sulbar mengikuti semua tahapan. Karena sistem seleksi adalah akumulasi nilai secara keseluruhan,” ungkap Muliadi yang juga Wakil Ketua STAIN Majene.

Pastinya, jadwal tahapan dan teknis seleksi telah disiapkan oleh pihak Timsel termasuk tempat penyelenggaraannya tahapan uji kompetensi yang dijamin akan berlangsung secara profesional dan transparan.

Sekretaris Timsel KPID Sulbar, April Ashari Hardi menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya agar tahapan selanjutnya bisa diikuti oleh seluruh peserta yang telah dinyatakan lulus berkas.

Termasuk dengan memberikan rentang waktu beberapa antara pengumumnan hasil seleksi berkas dan pelaksanaan ujian tertulis serta tahapan lanjutannya.

“Secara teknis sudah kami jadwalkan dengan mempertimbang jarak para peserta dari kabupaten lain, karena itu jadwal atur sedemikian rupa,” ujar April.

Memaksimalkan waktu, Timsel menggelar tahapan lanjutan secara beruntun hingga 5 Desember mendatang.

“Jadi, setelah tanggal 2 Desember dilakukan tes tertulis, maka akan lanjut pada tanggal 3 Desember dengan tes wawancara. Kemudian, tanggal 4 dan 5 Desember tes psikotes,” tegas April yang pernah menjabat Ketua KPID Sulbar.

Secara teknis, tes tertulis dan wawancara akan dilangsungkan di kawasan kantor DPRD Sulbar di daerah Rangas Mamuju.

Sedangkan tes psikologi terjadwal di M’city Hotel yang berlokasi di Jalan Kurungan Bassi, Mamuju.

Diketahui, tercatat 46 pendaftar yang memasukkan berkas ke sekretariat Timsel KPID Sulbar. Dari jumlah tersebut, satu orang dinilai tak memenuhi ketentuan. Sisanya berhak lolos ke fase berikutnya, termasuk sebagian besar incumbent (anggota KPID Sulbar).

Terkait peserta tidak lulus seleksi administrasi, Anggota Timsel Rahmat Idrus menekankan yang bersangkutan belum memenuhi syarat yang telah diumumkan sebelumnya.

“Ada dua syarat yang tidak terpenuhi, sehingga berdasarkan hasil rapat pleno kami di Timsel menyatakan untuk menggugurkannya,” tandas Rahmat, akademisi juga pakar hukum di Sulbar. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *