Timsel KPID Tetapkan 21 Nama

  • Whatsapp
Timsel KPID Tetapkan 21 Nama
Muliadi Harli dan April Ashari Hardi

MAMUJU, SULBAR EXPRESS — Tim Seleksi (Timsel) calon komisioner KPID Sulbar menetapkan 21 peserta terbaik hasil Uji Kompetensi. Mereka berhak melaju ke fase akhir penjaringan.

Penjaringan calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (Daerah) Provinsi Sulbar bakal memasuki tahap fit and propert test atau uji kelayakan dan kepatutan di DPRD Sulbar.

Pengumuman kandidat yang dinilai layak mengikuti tahapan krusial tersebut telah disampaikan oleh Timsel Calon Komisioner KPID Sulbar periode 2022-2025. Terbit hari ini (Lihat halaman 2).

“Nama-nama yang kami dorong ke DPRD, itu adalah hasil pleno Timsel KPID berdasarkan hasil Uji Kompetensi yang terdiri dari tes tertulis, wawancara serta psikologi,” ujar Ketua Timsel, Muliadi Harli, kepada Sulbar Express, malam tadi.

Penetapan peserta lulus diumumkan sesuai abjad, merujuk perolehan nilai dari masing-masing kandidat. Sesuai akumulasi nilai dari tiga rangkaian tahapan uji kompetensi.

“Penetapan kita putuskan dalam rapat pleno, dan dilakukan sesuai ketentuan dalam Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia (PKPI) tentang tata cara proses seleksi calon anggota KPI daerah,” jelas Muliadi.

Ketentuan tersebut, kata dia, mengatur bahwa Timsel dapat menetapkan hasil uji kompetensi paling sedikit dua kali dari kuota komisioner KPID atau tiga kali dari tujuh nama yang nantinya akan ditetapkan sebagai peserta terpilih.

“Sesuai kesepakatan di Timsel, kami memilih 21 nama berdasarkan hasil uji kompetensi. Apa yang Timsel telah tetapkan dalam rapat pleno, menurut kami mereka yang terbaik, dan itu berdasarkan hasil ujian,” tegas Muliadi yang juga salah satu pimpinan di STAIN Majene.

Selanjutnya, nama-nama tersebut diserahkan ke DPRD Sulbar melalui komisi I untuk memilih tujuh komisioner KPID melalui fit and propert tes.

“Saya kira untuk komisioner KPID Sulbar saat ini sudah cukup bagus, mudah-mudahan kedepan kualitasnya lebih baik lagi,” tandas Muliadi.

Sekretaris Timsel, April Ashari Hardi menambahkan, pengumuman hasil Uji Kompetensi sekaligus menjadi ruang uji publik calon anggota KPID Sulbar sebelum menjalani tahapan akhir di Komisi I DPRD Sulbar.

Masyarakat dipersilakan memberikan masukan terhadap nama-nama yang telah diumumkan agar menjadi bahan bagi pihak komisi I saat menjalankan tahapan akhir di DPRD Sulbar.

“Tanggapan publik terhadap nama-nama yang keluar, tentu akan jadi masukan berharga bagi pihak komisi untuk dikonfirmasi kepada calon terkait saat fit and proper test nantinya,” terang April.

Ia kembali menekankan, para peserta yang akan menjalani fit and propert test merupakan hasil penyaringan yang berlangsung secara obyektif, tanpa tekanan, dan diputuskan melalui pleno Timsel Calon Komisioner KPID Sulbar. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *