Vaksinasi Anak Terhambat Pemenuhan Herd Immunity

  • Whatsapp
Vaksinasi Anak Terhambat Pemenuhan Herd Immunity
Salah peserta didik di Kabupaten Mamuju saat mengikuti vaksinasi covid, belum lama ini. Pelaksanaan vaksin bagi anak usia 6-11 tahun di Sulbar masih menunggu pemenuhan herd immunity. (IDRUS IPENK)

MAMUJU SULBAR EXPRESS – Pemerintah mulai menyalurkan vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Namun, Pemprov Sulbar masih menunggu capaian vaksinasi umum.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Barat (Sulbar), drg. Asran Masdy, Provinsi Sulawesi Barat belum bisa melaksanakan vaksinasi anak, lantaran masih terbebani target herd immunity yang belum terpenuhi.

“Kita belum laksanakan vaksin anak 6-11 tahun, karena capaian vaksinasi kita penyebabnya,” jelasnya, saat dikonfirmasi Selasa 14 Desember.

Saat ini program vaksinasi di Sulbar baru mencapai 50 persen lebih, sehingga masih harus dilakukan percepatan untuk mengejar target nasional sebesar 70 persen dari sasaran, 1.089.240 jiwa.

“Itulah kenapa kita belum laksanakan vaksin anak 6-11 tahun di Sulbar, beda hal di pulau Jawa sudah mulai. Vaksinasi anak akan dilakukan jika capaian umum sudah memenuhi target nasional,” tegas drg. Asran.

Kolaborasi menjadi kunci mencapai target tersebut, utamanya sinergi semua instansi pemerintahan di daerah, bukan hanya dari TNI-Polri, BINda.

“Tapi memang masih butuh kesadaran masyarakat kita agar mau divaksin. Bahkan berbagai cara terus dilakukan agar vaksinasi meningkat,” ujarnya.

Ia pun, berharap dukungan masyarakat untuk mensukseskan program vaksinasi dan menghindari isu miring terkait vaksinasi.

“Edukasi pentingnya vaksin terus kita sosialisasikan agar masyarakat tidak takut divaksin,” tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Mamuju, Alamsyah Thamrin, menjelaskan bahwa pihaknya terus menggencarkan vaksinasi mengejar target 70 persen sampai akhir tahun ini.

“Kita sampai saat ini masih berupaya mengejar target vaksinasi, saat ini Mamuju sudah berada di 63 persen dosis pertama,” ujar Alamsyah. (idr/chm)

Vaksinasi Anak Terhambat Pemenuhan Herd Immunity

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *