AIM Kukuhkan 69 Kades, Tidak Ada Lagi Kubu-kubuan

  • Whatsapp
AIM Kukuhkan 69 Kades, Tidak Ada Lagi Kubu-kubuan
Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar saat melantik puluhan Kades di gedung Gadis Polewali, Selasa 4 Januari 2022. Kades terpilih harus merangkul, mengedepankan kemajuan desa. (FOTO: GAZALI)

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Kerumunan massa tak terelakkan. Di luar gedung, keluarga dan kerabat berdesak-desakkan menyaksikan pelantikan 69 Kades hasil pemilihan serentak di Polman.

Selasa 4 Januari 2022, Bupati Polewali Mandar (Polman), Andi Ibrahim Masdar mengambil sumpah dan melantik Kades terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 67 desa serta dua Kades Pergantian Antar Waktu (PAW).

Usai melakukan pengukuhan di Gedung Nusantara Gabungan Dinas (Gadis) Polewali, bupati Polman yang akrab disapa AIM mengucapkan selamat dan menitip beberapa pesan terkait tugas dan tanggung jawab Kades yang tidak ringan.

Sebanyak 70 persen Kades yang menjalani pelantikan kemarin, adalah anak muda. Sehingga AIM optimis desa-desa di Polman bisa lebih maju dan sejahtera.

“Sekarang tidak ada lagi kubu-kubuan. Kalau ada jalan dan jembatan rusak dilaporkan, jangan hanya mondar mandir saja,” tegasnya.

Sebab kata dia, Kades terpilih adalah ujung tombak pemerintahan di desa. Harus memperhatikan seluruh wilayah desa dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Kalian adalah pemerintah desa, jangan pernah berkomunikasi dengan siapapun kecuali Pemdes, dan bupati. Jangan pernah komentar di Medsos (media sosial), baik kalau komentarnya benar, kalau salah bagaimana?,” imbuh AIM.

Selain itu, Kades terpilih jangan coba-coba menyalahgunakan kewenangan.

Bupati mencontohkan, tahun lalu terdapat satu Kades di Polman harus menjalani pemeriksaan di kejaksaan. AIM bahkan memprediksi jumlahnya akan bertambah.

“Dan akan menjadi dua. Jadi, kalau mau membangun kantor desa, tanahnya harus milik desa bukan milik kepala desa,” jelas bupati.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan puluhan Kades ini turut dihadiri Dandim 1402 Polman Letkol CZI Masni Etha, Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono, Ketua Pengadilan Negeri Polman, Kajari Polman, Wakil Ketua DPRD Polman dan para pejabat lingkup Pemkab Polman.

Panitia kegiatan tampak tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan covid, seperti memakai masker dan memerhatikan jarak fisik setiap individu dalam gedung. (ali/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *